SHARE THIS ARTICLE

Ketika masyarakat Jepang menikmati bulan terakhir musim panas, musim panas yang terik sudah dimulai bagi kita yang tinggal di dekat ekuator. Hawa panas yang tak tertahankan mungkin akan menurunkan nafsu makan orang-orang, tapi nafsu makan tidak sepenuhnya hilang karena berikut ini adalah daftar lima kudapan orang Jepang untuk melawan hawa panas!

Ramune

lamune

Ramune adalah minuman bersoda rasa lemon-jeruk limau yang hanya bisa didapatkan di Jepang. Biasanya minuman ini dijual dalam kondisi dingin di kedai kaki lima saat festival kuil atau acara kembang api. Rasanya cukup standar – hampir sama seperti Sprite atau 7-Up, tapi apa yang membuatnya berbeda adalah kemasannya! Ramune dijual di botol gelas dengan kelereng penghambat (marble stopper), dan hal ini membutuhkan keahlian (atau banyak latihan) untuk meneguk seluruh minuman tanpa terhalang oleh kelereng tersebut. Kamu bisa langsung mendatangi Daiso teredekat untuk mendapatkan sebotol Ramune.

Kakigoori

kakigoori

Kakigoori adalah es serut ala Jepang, biasanya diberi sirup dan susu, dan bagian atasnya diberi kacang merah manis atau buah. Seperti ramune, makanan ini biasanya dijual di kedai kaki lima saat festival kuil atau acara kembang api. Di musim panas Jepang yang panas dan lembap, sudah menjadi hal yang biasa ketika melihat gadis-gadis Jepang dengan yukata-nya berjalan bersama ke kuil setempat dengan satu gelas (atau dua) makanan manis ini. Untuk pembaca dari daerah Asia Tenggara, Kakigoori sangat mirip dengan makanan penutup es kacang.

Soumen

soumen

Soumen adalah mie gandum tipis yang disajikan di mangkuk berisikan air es, dipadukan dengan sedikit saus yang dibuat dari abon ikan Bonito (Katsuobushi-red), negi yang diiris, dan mustar. Beberapa restoran di Jepang menawarkan nagashi soumen atau soumen mengalir, yaitu mie dihanyutkan di pipa bambu dan pengkonsumsinya mencoba untuk menangkapnya dengan sumpit.

Hiyashichuuka

hiyashichuka

Hiyashichuuka secara harfiah berarti “(makanan) Tionghoa yang didinginkan”, di mana hal ini cukup aneh untuk disebut sebagai ramen dingin. Makanan ini terdiri dari mie ramen yang didinginkan, irisan sayur, irisan daging ham, potongan melintang tamagoyaki, dan dibasahi oleh cuka dingin, kecap, dan jahe. Walaupun bahan dasar yang digunakan itu sama, setiap keluarga di Jepang memiliki resep rahasia untuk bumbunya.

Es Krim

icecream

Es krim bukan makanan khas Jepang – ya kita paham itu. Tapi hanya di Jepang-lah rasa es krim bisa dibuat menjadi betul-betul tidak biasa bahkan ajaib! Jika kamu sudah bosan dengan es krim rasa vanila, maka kamu harus mencoba es krim rasa miso ramen! Apakah es krim rasa cokelat mulai terasa biasa-biasa saja? Bagaimana kalau merangsang lidahmu dengan es krim yakisoba! Untuk yang benar-benar berani, bahkan ada es krim basahi (sashimi kuda/daging mentah kuda) dan es krim rasa tako (gurita) – ini hanya dipesan untuk yang benar-benar berani.

Source : afachan.asia
COMMENT