SHARE THIS ARTICLE

Ada banyak bangunan di Jepang yang punya arsitektur menawan, salah satunya Kuil Shakaden Reiyukai di Tokyo. Kuil ini punya tampilan yang beda dengan kuil pada umumnya, diapit gedung-gedung pencakar langit, berwarna hitam dan mirip kapal luar angkasa!

Kuil Shakaden Reiyukai (1)
Kuil Shakaden Reiyukaiyang mirip kapal luar angkasa (reiyukaiglobal.org)

Tak sedikit traveler menyebut Kuil Shakaden Reiyukai sebagai UFO atau kapal luar angkasa. Bukan bermaksud mencibir, namun bentuk bangunannya memang berbeda dengan kuil-kuil lain dan mencuri perhatian. Bentuknya seperti segitiga dan warna tampak luar semua sudutnya berwarna hitam.

Kuil Shakaden Reiyukai (2)
Bagian depan kuilnya saja sudah unik (Youtube)

Mari mengenal lebih dulu tentang Kuil Shakaden Reiyukai. Seperti dilongok dari situs Reiyukai India, Senin (15/9/2014) Reiyukai adalah salah satu ajaran dari filosofi Buddha untuk berbuat baik kepada manusia dengan cara saling membantu dan gotong royong. Reiyukai pun mengajarkan manusia untuk belajar dari pengalaman dan ilmu pengetahuan.

Kuil Shakaden Reiyukai berada di Azabudai, Tokyo dan sudah ada sejak tahun 1975. Kuilnya diapit oleh gedung-gedung pencakar langit. Arsitekturnya menjadi daya tarik turis untuk memotret atau melihat isi bagian dalamnya.

Kuil Shakaden Reiyukai (3)
Turis yang memadati bagian dalamnya (Youtube)

Kuil Shakaden Reiyukai punya satu balai pertemuan besar sebagai tempat sosialisasi penganut filosofi Reiyukai, balai pertemuan kecil, sembilan ruang konferensi, kafetaria, toko buku, tempat pembibitan, dan pusat kesehatan. Biasanya, masyarakat setempat datang ke kuil tersebut untuk belajar dan ikut kelas kaligrafi Jepang.

Turis pun diizinkan masuk dan melihat berbagai ruangan di dalamnya. Tempat yang biasa didatangi turis adalah Plaza, yakni balai pertunjukan untuk pagelaran festival, konser, atau pertunjukan budaya. Tempatnya mampu menampung hingga 1.000 orang!

Kuil Shakaden Reiyukai (4)
Bagian Plaza mampu menampung 1.000 orang (reiyukaiglobal.org)

Lebih dari itu, Kuil Shakaden Reiyukai rupanya memiliki cadangan air untuk Kota Tokyo. Kuil ini punya simpanan air sebanyak 400 ton yang sewaktu-waktu bisa digunakan oleh pemadam kebakaran setempat.

Kalau mau lihat angle dari Kuil Shakaden Reiyukai, cobalah dari atas gedung-gedung pencakar langit yang ada di sekitarnya. Jangan kaget, kalau Kuil Shakaden Reiyukai memang mirip seperti kapal luar angkasa.

COMMENT