SHARE THIS ARTICLE

Berikut ini adalah beberapa budaya khas Jepang yang tidak akan kalian temukan di luar negeri.

Toilet dengan Bidet

TB

Ketika orang asing datang ke Jepang, biasanya hal pertama yang membuat mereka terkesan adalah toilet gaya Barat dengan bidet dan fungsi elektroniknya. Para orang asing juga pasti akan terkejut, ketika mereka juga melihat toilet seperti itu di WC umum, taman dan, department store. Karena sepengetahuan penulis, toilet dengan bidet itu biasanya terdapat di hotel-hotel atau mall saja. Contohnya seperti WC umum yang terdapat di Indonesia, pasti yang kalian lihat adalah toilet jongkok biasa.

Bagi yang belum tahu toilet dengan bidet yang ada di Jepang, silahkan lihat disini.

Selain itu, fakta bahwa WC umum di Jepang bebas biaya alias gratis juga mengejutkan, karena di beberapa negara, tidak jarang harus membayar untuk menggunakan WC umum. Dan, walaupun WC umum di Jepang gratis, kebersihan WC di Jepang juga sangat mengejutkan, karena mereka memiliki tingkat kualitas kebersihan yang tinggi.

Convenience Store yang buka selama 24 Jam

CS

Satu lagi budaya Jepang yang mengejutkan orang asing. Di Barat, tidak ada toko yang masih buka saat tengah malam, dengan alasan karena sangat berbahaya. Namun di Jepang, toko-toko, restoran, dan pom bensin, buka 24 jam sehari.

jika kalian membeli sesuatu di toko-toko, para karyawan yang betugas akan melayani kalian dengan ramah dan mereka sangat menghormati kalian sebagai pembeli. Di Jepang, pembeli adalah raja. Menerima layanan yang seperti ini hanya bisa kalian temukan di Jepang.

Tidak peduli dengan kondisi jalan yang bagaimanapun, pejalan kaki akan mematuhi rambu lalu lintas

RP

Di negara-negara asing, jika tidak ada mobil yang melintas di area penyeberangan khusus pejalan kaki, para pejalan kaki biasanya akan menyeberang jalan bahkan jika lampu merah untuk pejalan kaki masih menyala. Namun di Jepang, walaupun hanya ada satu mobil yang lewat, sebagian besar orang berhenti dan menunggu hingga lampu hijau untuk pejalan kaki menyala.

Hal ini tampaknya menjadi sebuah pertanyaan tersendiri bagi orang asing. Lantaran, Jepang adalah negara yang penduduknya terkenal dengan kepribadian yang tidak suka menunggu.

Pintu Taksi yang terbuka secara otomatis

TD

Ini juga merupakan salah satu budaya aneh Jepang yang mengejutkan orang asing. Mungkin Jepang bisa dikatakan satu-satunya negara di dunia ini, di mana terdapat pintu taksi yang terbuka secara otomatis. Di negara lain termasuk Indonesia, umumnya pintu dibuka sendiri oleh orang yang ingin naik.

Kios-kios tanpa penjaga

KS

Ini benar-benar mengejutkan, terutama bagi orang asing yang berjalan di sekitar daerah pedesaan atau pedalaman. Rupanya, orang Jepang memiliki perasaan yang kuat mengenai sifat baik terhadap tata tertib masyarakat Jepang dan pada dasarnya mereka memiliki sifat yang bersih.

Jika ada hal seperti ini di negara-negara asing tidak perduli di daerah manapun, penulis rasa apa yang ada di kios itu akan menghilang.

Vending machine yang tidak pernah rusak dan banyaknya produk yang dijual

VM

Orang-orang yang pernah berpergian ke negara lain pasti pernah mengalami ini, ketika vending machine minuman di stasiun kereta api mengalami masalah seperti tidak mampu memberikan uang kembalian, Jika ingin membeli minuman dengan harga 10 ribu pun tidak boleh dua kali memasukan uang 5 ribu, melainkan satu kali uang pecahan 10 ribuan. Hal-hal seperti itu sering terjadi. Kejadian terburuknya, adalah ketika kalian sudah memasukan uang untuk sebuah produk di dalam mesin, tetapi produknya tidak mau keluar.

Dalam hal melimpahnya berbagai jenis mesin penjual otomatis di pusat kota, tidak pernah ada kerusakan, dan kalian akan mendapatkan uang kembalian tanpa kesalahan.

Selain itu, ada banyak jenis produk yang dijual di dalam vending machine, sehingga tampaknya akan ada banyak orang asing yang terkejut ketika melihatnya.

Ekspres Home Delivery

HD

Hal ini juga merupakan sesuatu yang mengejutkan bagi orang asing. Dari pengalaman menggunakan jasa layanan pengiriman Express Home Delivery mereka mengatakan, bahwa tidak ada sistem pengiriman yang kompleks seperti di negara-negara mereka.

Sebagai contoh, Eropa adalah benua negara-negara maju tetapi perusahaan yang menangani layanan pos bukan kantor pos nasional melainkan EMS , Chrono Post, dan layanan membingungkan lainnya dengan reputasi buruk. Adalah hal yang wajar jika sebuah paket datang terlambat, layanan buruk , dan penulis dengar banyak juga kasus salah antar (misdeliveries).

Namun, bagi orang asing yang datang ke Jepang, Jepang memiliki ketepatan yang tak tertandingi (walaupun tidak selalu benar), dengan sistem di mana kalian dapat menetapkan waktu tertentu, bisa membayar dengan kartu kredit, dan keanggunan dari kejutan jasa pengiriman sangatlah menyenangkan.

(おわる)

役に立つ かも しれ 🙂

Source : tsunagujapan.com

COMMENT