SHARE THIS ARTICLE

Tiap negara di dunia punya tradisi dan festival yang unik. Di Jepang ada Dontosai, atau lebih dikenal festival telanjang yang dilakukan para pria setiap awal tahun. Tujuannya untuk meminta keberuntungan dan kesejahteraan. Penasaran?

dontosai (1)
Para peserta yang mengikuti Dontosai (CNN Travel)

Dontosai adalah festival di Jepang yang bikin turis penasaran. Dilongok dari situs CNN Travel, Kamis (11/9/2014) inilah festival telanjang yang ada di Kota Sendai, Miyagi.

Dontosai ternyata sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di Kota Sendai. Jangan salah, festival tersebut sudah berlangsung hampir 300 tahun lebih lamanya.

Dontosai selalu diadakan tiap tanggal 14 Januari, di mana saat itu cuaca di Jepang sedang dingin-dinginnya. Keunikan festivalnya yakni ratusan pria bakal berjalan keliling kota dan menuju Kuil Osaki Hachimangu tanpa menggenakan baju!

dontosai (2)
Dontosai diikuti ratusan pria (CNN Travel)

Tunggu dulu, para pria yang ikut Dontosai ternyata tidak benar-benar telanjang. Mereka masih menggenakan celana pendek berwarna putih, kain putih yang menutupi bagian pusar, ikat kepala putih dan sepatu putih. Tapi tetap saja, Dontosai sudah terlanjur terkenal dengan sebutan naked festival alias festival telanjang.

Para wanita juga ada yang ikut dalam festival ini. Namun, mereka mengenakan atasan kimono dan celana pendek berwarna putih. Satu lagi, mereka semua berjalan sambil mengigit kertas jimat dan membunyikan lonceng.

dontosai (3)
Pria tidak memakai baju dan wanita masih menggenakan atasan kimono (CNN Travel)

Setelah tiba di Kuil Osaki Hachimangu, para peserta Dontosai bakal mengumpulkan kertas jimat dan segala pernak-pernik tahun baru seperti boneka daruma dan aneka karangan bunga. Setelah itu, semuanya dibakar tanpa sisa.

Ketika kumpulan benda-benda tersebut dibakar, peserta Dontosai bakal berdoa untuk meminta keberuntungan dan kesejahteraan sepanjang tahun kepada dewa. Mereka pun memberanikan diri untuk lebih dekat ke apinya, sebab konon api yang dibakar tersebut adalah penjelmaan Dewa Api (Kagutsuchi) dan diyakini baik untuk kesehatan.

dontosai (4)
Para peserta Dontosai yang berjalan mengitari api (Sendai Tourism)

Mengapa para pria tidak mengenakan baju saat mengikuti Dontosai? Sebab, mereka percaya kalau itu adalah bentuk penyucian diri. Festival seperti ini sebenarnya ada banyak di berbagai wilayah di Jepang saat awal Tahun Baru. Tapi, Dontosai dianggap yang paling tua dan terkenal.

Suasana di Kota Sendai pun dipadati turis ketika pagelaran festival tersebut berlangsung. Ada banyak jajanan makanan dan pasar kaget yang tambah menyemarakkan suasana.

COMMENT