SHARE THIS ARTICLE
Inilah 6 pengalaman romantis yang terjadi pada masa SMA di Jepang (1)
image: Kyou Koi wo Hajimemasu movie

Mungkin di antara kalian ada yang bertanya-tanya seperti apa sih kehidupan SMA yang sebenarnya di Jepang. Selain menuntut ilmu dan berteman, kehidupan SMA di Jepang juga bisa membuat kalian memiliki pengalaman romantis dengan orang yang kalian sukai, dan kejadian seperti itu tidak hanya terdapat dalam manga shojo saja lho, bisa jadi kalau kalian bersekolah di Jepang pengalaman romantis tersebut bisa terjadi dalam kehidupan nyata.

Berikut adalah 6 pengalaman romantis yang terjadi pada masa SMA di Jepang dilansir dari tokyogirlsupdate.com.

1. Festival Sekolah (Bunkasai)

image: Koizora movie
image: Koizora movie

Kalau kalian penggemar manga pasti tahu dong, atau setidaknya pernah mendengar tentang festival sekolah, yang dalam bahasa Jepang disebut bunkasai. Bunkasai bisa menjadi peristiwa munculnya cinta antara siswa dan siswi. Sebelum festival sekolah dimulai, para pelajar menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan banyak program kelas seperti teater, membuat game center atau rumah hantu di dalam kelas. Mempersiapkan festival sekolah adalah waktu yang lebih menyenangkan daripada festival sekolah itu sendiri karena dalam kesempatan ini kalian dapat berbicara dengan orang yang kalian suka dan lebih dekat dengannya. Selama kesempatan ini, kalian juga memiliki banyak kesempatan untuk mengenal orang-orang yang belum pernah kalian kenal sebelumnya. Selain itu, festival sekolah juga dikenal sebagai waktu yang baik untuk mengajak orang yang kalian sukai untuk kencan, atau mungkin kalian yang akan diajak oleh seseorang.

2. Hari Valentine

image: Kimi ni Todoke anime
image: Kimi ni Todoke anime

Saat mendengar tentang Hari Valentine kalian pasti sudah tahu kan kalau itu adalah hari yang romantis? Namun, di Jepang cara untuk merayakan hari Valentine itu sangat unik. Sebagai hadiah untuk mengekspresikan cinta mereka, wanita memberikan cokelat untuk pria. Hari Valentine sendiri adalah salah satu kejadian romantis terbesar di SMA, karena ada hal-hal penting pada hari Valentine seperti kapan dan di mana seorang gadis akan memberikan coklat. Di sekolah sendiri ada banyak tempat bagus dan unik untuk memberikan cokelat, misalnya memasukkannya ke dalam loker sepatu (getabako) milik orang yang disukai. Setelah membuka loker sepatunya, orang itu mungkin akan menemukan cokelat, romantis kan? Tapi kalian juga bisa memberikan coklat sepulang sekolah, selama kegiatan klub (bukatsu), atau pada waktu istirahat dan waktu lainnya. Selain itu, biasanya sebelum hari Valentine, selama waktu makan siang (waktu Obento) atau sepulang sekolah (houkago) akan muncul gosip tentang siapa yang akan memberikan coklat kepada siapa.

3. Sekigae/pergantian tempat duduk

image: Kimi ni Todoke movie
image: Kimi ni Todoke movie

Di SMA Jepang, para murid dalam suatu kelas duduk di dalam kelas yang selalu sama, dan pengaturan tempat duduk akan diubah sekali atau dua kali selama satu semester. Mungkin itu biasa saja ya, tapi ternyata sekigae bisa menjadi kejadian yang penting. Biasanya, untuk pergantian tempat duduk akan dilakukan undian, tapi ada juga cara lain yang disebut “omiai,” yang awalnya berarti pertemuan yang diatur. Dalam omiai, pertama para siswa akan menunggu di luar kelas sedangkan para siswi berada di dalam untuk memilih kursi. Para siswa kemudian memasuki ruangan kelas dan memilih kursinya. Akhirnya, semua pelajar berkumpul di kelas dan mengetahui siapa teman sebangku mereka. Kalian akan mendapat pengalaman yang romantis kalau ternyata orang yang kalian sukai duduk di sebelah kalian. Kalian juga akan bertemu mereka setiap hari dan mungkin bisa mengenal satu sama lain selama berada di dalam kelas.

4. Bukatsu/kegiatan klub

image: Oppai Volleyball movie
image: Oppai Volleyball movie

Dalam bukatsu kita bisa mengenal dan berteman dengan orang-orang dari kelas lain dan dari tingkat lain. Ketika melakukan kegiatan ini ada banyak peluang untuk mencari pacar. Biasanya tim olahraga pria dan wanita berlatih di tempat yang sama sehingga lebih mudah dan sering untuk bertemu satu sama lain.

Inilah 6 pengalaman romantis yang terjadi pada masa SMA di Jepang (2)
image: Yowakutemo Katemasu TV

Dalam setiap kegiatan klub olahraga, ada seorang manajer yang mengawasi peralatan dan mencatat kegiatan di bawah arahan pelatih. Manajer itu biasanya wanita dan biasanya ditampilkan sebagai gadis imut dan menarik yang populer di kalangan para siswa. Manajer juga adalah orang yang selalu peduli dan mendukung para anggota klub. Jadi, mungkin saja ada kisah cinta antara manajer dan anggota klubnya karena sering menghabiskan banyak waktu bersama-sama.

5. Perjalanan wisata sekolah

image: Ao Haru Ride movie
image: Ao Haru Ride movie

Perjalanan wisata sekolah dengan teman sekelas adalah kejadian yang sangat menyenangkan dan paling menarik. Biasanya di Jepang, Kyoto adalah tempat yang terkenal untuk perjalanan wisata sekolah. Selama perjalanan wisata sekolah semua pelajar menghabiskan waktu yang lama bersama-sama dan dapat menemukan kepribadian yang tak terduga dan mengejutkan dari teman sekelas. Perjalanan wisata sekolah adalah salah satu waktu terbaik kalau ingin ingin lebih dekat dengan orang yang kalian sukai.

Selama perjalanan sekolah biasanya ada waktu luang yang dapat dinikmati para pelajar secara bebas. Semakin lama waktu yang kalian habiskan bersama orang yang kalian sukai, maka bisa jadi hubungan kalian semakin dekat. Selain itu, malam hari adalah bagian menarik dari perjalanan wisata sekolah karena para pelajar biasanya akan bergosip (koibana) tentang kisah cinta di sekolah, siapa orang yang kalian suka, para siswa yang keren (ikemen), siapa pasangan di kelas, dan lainnya. Beberapa orang sering mengungkapkan tentang perasaan rahasia mereka terhadap teman sekelas. Setelah koibana, beberapa pelajar menjadi teman dekat dan memperdalam persahabatannya. Selama perjalanan sekolah ada banyak kejadian khusus yang tidak dapat dialami di sekolah.

6. Perjalanan berangkat menuju sekolah

image: Strobe Edge movie
image: Strobe Edge movie

Sebagian besar pelajar SMA di Jepang pergi ke sekolah dengan mengendarai kereta api. Biasanya beberapa orang akan mengendarai kereta yang sama pada waktu yang sama setiap hari. Jadi kalau kalian bertemu dengan seorang gadis cantik di kereta kalian bisa memiliki kesempatan untuk menarik perhatiannya. Bisa jadi gadis itu akan bertemu kalian setiap hari dan mungkin mengenal kalian setelah sering bertemu. Kejadian ini bisa membuat kalian sangat gugup (doki doki). Pengalaman romantis tidak selalu terjadi di kereta api. Di kalangan pelajar SMA di Jepang ada jalanan yang disebut sebagai “couple road (jalan untuk pasangan)” yang biasanya lebih jauh jaraknya dari sekolah menuju stasiun, padahal pelajar lainnya mencari jalan yang terdekat.

Nah, setelah membaca berbagai pengalaman romantis yang terjadi pada masa SMA di Jepang di atas, apa kalian juga mengalami hal yang sama di sekolah kalian?

Source : tokyogirlsupdate.com
COMMENT