SHARE THIS ARTICLE

Biasanya orang berpikir jika kuliner dari Jepang adalah kuliner sehat, dan lebih sehat dari makanan siap saji. Namun siapa sangka ada beberapa makanan yang terlihat sehat, ternyata tidak sesehat kelihatannya. Bahkan beberapa makanan berikut memiliki kalori yang lebih tinggi dari makanan siap saji. Dilansir dari TokyoDesu (28/2/13), inilah 5 makanan ‘sehat’ yang ternyata tidak sehat.

1. Gyudon

1a 450px-gyu-tama-don_by_jetalone_in_tsukishima_tokyo

Jika dilihat sekilas, gyudon terlihat lebih sehat dibanding burger ukuran besar. Pada kenyataannya, tipikal semangkok gyudon mengandung kira-kira 660 kalori, yang berarti 120 kalori lebih banyak dibanding tipikal burger, dan jumlah sodium dan zat-zat buruk lainnya hampir sama dengan burger.

2. Sukiyaki

1b 800px-sukiyaki_by_hirotomo

Sukiyaki seringkali disebut sebagai kuliner sehat dari Jepang. Pada kenyataannya, penyajian porsi tunggal Sukiyaki mengandung kira-kira 880 kalori, ditambah dengan karbohidrat dan sodium. Kebanyakan zat buruk berasal dari kaldunya yang tinggi gula.

3. Miso

1c 800px-edoama_sinsyu_miso_2009

Sepintas miso terlihat sehat karena rendah kalori dan mengandung banyak zat baik untuk tubuh. Pada kenyataannya, miso dapat mengandung sodium 250% lebih banyak dari konsumsi harian yang dianjurkan. Siapa sangka, bukan?

4. Udon

1d udon-m1336

Konon, udon lebih sehat dibanding pasta. Padahal udon mengandung sodium dan karbohidrat yang tinggi, dan juga rendah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Hampir setiap bento

1e 800px-bento_de_luxe

Bento yang disiapkan sendiri mungkin saja penuh dengan bahan-bahan bergizi. Namun tahukah kalian jika bento yang dibeli di supermarket dapat disamakan dengan makanan cepat saji? Bento-bento tersebut dapat mengandung lebih dari 1000 kalori, sehingga berbahaya untuk diet.

Source : TokyoDesu
COMMENT