SHARE THIS ARTICLE

Panduan wisata Kyoto menyebutkan jika distrik Gion merupakan tempat terbaik untuk menemukan geisha. Namun sebetulnya ada 4 distrik geisha di Kyoto, yaitu sebagai berikut:

1.Gion

Gion merupakan distrik geisha terbesar dan paling ekslusif di seluruh Jepang. Ochaya di Gion secara ekslusif terhubung dengan orang-orang kaya di Jepang. Distrik ini juga lazim untuk menjamu para pejabat asing maupun pelanggan penting.

Untuk masyarakat umum, tempat terbaik untuk melihat geisha dan maiko di jalanan Gion adalah saat mereka pergi dan pulang kerja. Terdapat juga pertunjukan tahunan oleh geisha Gion yang disebut Miyako Odori (Cherry Blossom Dances). Pertunjukan tersebut diadakan di teater bersejarah Gion Kobu Kaburenjo, setiap malam di bulan April, yang telah dilangsungkan sejak tahun 1869.

01

2.Miyagawacho

Miyagawacho memiliki distrik hiburan besar di sepanjang tepi Sungai Kamo. Ada beberapa ochaya geisha di sana. Terdapat juga teater Kabuki besar (Minamiza Theatre) di Miyagawacho yang terkadang menampilkan pertunjukan geisha.

02

3.Kamishichiken

Terdapat kira-kira 23 maiko dan geisha di Kamishichiken yang bekerja di 10 ochaya. Geisha di distrik ini dikenal sebagai musisi handal.

03

4.Pontocho

Pontocho merupakan jalan sempit sepanjang 600 meter yang telah menjadi pusat kehidupan malam sejak tahun 712. Geisha di area ini melatih keterampilan seninya di Pontocho Kaburenjo Theatre. Dua kali dalam setahun mereka menampilkan pertunjukan untuk umum yang disebut Kamogawa Odori (Kamo River Dance).

04

Kamus singkat:

Hanamachi (flower street) merupakan distrik hiburan tradisional yang memiliki okiya (rumah geisha) dan ochaya (bar geisha, secara literal berarti tea house).

COMMENT