Share on

Siapakah karakter yang paling ideal di game dating-sim? Tentu saja, sahabat laki-laki kalian! Mungkin kalian yang meragukan statement di atas, perlu melihat anime Gekkan Shoujo Nozaki-kun. Di sana kalian akan menemukan “adegan Tomoda”, sang karakter teman terbaik.

Sahabat laki-laki hadir untuk mendampingi karakter utama dan memberikan support kepadanya, tetapi sayangnya jarang sekali kita menemukan hubungan romantis mereka berjalan dengan lancar. Salah seorang pria Jepang penggemar game dating-sim mengemukakan:

“Permainan ini biasanya ditulis oleh pria, jadi pertemanan antara karakter pria terasa sangat otentik. Mereka sering kali terlihat tidak berguna dan kasar, sehingga mau tidak mau kalian memakluminya dan berpikir begitulah adanya para lelaki. Namun terkadang, akan ada adegan di mana orang-orang barbar ini membuka diri kepada protagonis. Lalu aku merasa seperti, ya, aku juga bisa seberani itu! Saya harus berani! Saya ingin seperti itu!"

Berdasarkan deskripsi karakter teman terbaik protagonis di atas, dipilihlah 3 karakter teman terbaik favorit fans game dating-sim di Jepang sebagai berikut:

3. Masato Inohara (Little Busters!)

Masato adalah orang ketiga yang bergabung dalam geng Little Busters! Sosok ini biasanya memunculkan sisi bijaksana dari tindakan-tindakannya yang mengandalkan otot. Meskipun seperti berandalan, Masato sangat setia kawan, terutama kepada teman sekamarnya sang protagonis game, Riki.

2. Ichirota Isono (Sharin no Kuni: The Girl Among the Sunflowers)

Isono adalah karakter yang memecah-belah orang-orang yang telah memainkan Sharin no Kuni tahun 2005, sebuah game dating-sim dengan skenario politik yang mengejutkan. Dalam setting dunia di game ini, semua pelanggaran moral dihukum dengan pengadilan khusus yang harus dijalani oleh para penjahat. Jika mereka menolak, mereka akan dikirim ke kamp konsentrasi. Sang protagonis Kenichi bertugas merehabilitasi tiga penjahat sekolah menengah, dan Isono adalah sahabat terdekatnya yang sarkastik, serta terkadang kejam.

Isono ditampilkan di sebelah kiri.

1. Yohei Sunohara (Clannad)

Yohei adalah karakter sekunder (peran pembantu) abadi, sekaligus karakter teman terbaik yang populer di serial penguras air mata Clannad. Yohei berteman baik dengan karakter protagonis Tomoya, dan keduanya disebut sebagai "Pasangan Kotor" oleh teman-teman sekelas karena sifat nakal mereka.

Menurut fans Jepang, mengapai Yohei pantas menjadi karakter teman terbaik protagonis, karena dia sudah menjadi bagian dari game dating-sim legendaris. “Yohei Sunohara adalah teman baik Tomoya Okazaki, protagonis, dan dia kebanyakan memainkan peran komedi yang santai. Namun, setiap kali dia berekspresi serius, kalian tahu kalian berada dalam adegan penting dalam cerita.”

Salah satu adegan terbaik Yohei adalah saat dirinya menerobos klub sepak bola dan berteriak “Jangan berani-beraninya membuat Mei menangis!” dan kemudian berkelahi dengan sahabatnya Okazaki. Segera setelah itu, mereka merenungkan arti persahabatan mereka. Dia adalah sosok sahabat terbaik yang ideal dan juga terkadang tidak berguna, tetapi selalu ada di sampingmu!

Sesungguhnya ada sangat banyak game dating-sim di luar sana yang telah dirilis dengan karakter sahabat menginspirasi dan selalu bisa diandalkan. Apakah kalian memiliki karakter teman terbaik favorit, baik dari anime, manga, game, atau visual novel yang dapat ditambahkan ke dalam daftar ini?