Share on

Di tengah masa social distancing seperti sekarang, memang paling enak rebahan sambil menghabiskan waktu dengan bermain Animal Crossing: New Horizons. Dengan game untuk platform Nintendo Switch ini, meski tidak bisa ke luar rumah, setidaknya kita bisa berjalan-jalan mengelilingi pulau buatan kita atau mengadakan meet up virtual dengan teman-teman, lumayan untuk mengusir rasa bosan dan sepi. Tapi, bagaimana jika kita tidak punya Switch? Jangan takut, masih ada versi mininya kok, Animal Crossing: Pocket Camp!

Meski Animal Crossing: Pocket Camp tidak benar-benar sama dengan New Horizons (Pocket Camp sudah dirilis sejak 2017 lalu), game untuk platform Andorid dan iOS ini masih memiliki konsep yang sama dengan game Animal Crossing asli, tidak berbeda jauh dengan New Horizons. Lumayan kan untuk menghemat biaya sebelum membeli Switch?

Animal Crossing: Pocket Camp (grapee.jp)
Animal Crossing: Pocket Camp (grapee.jp)

Nah, jika dalam New Horizons kamu akan berperan sebagai pemilik pulau, game ini membuatmu menjadi seorang pemimpin perkemahan di suatu area perkemahan, lengkap dengan sebuah tenda dan camper van. Para pemain juga akan diberi berbagai quest, misalnya membuat furniture, mendesain perkemahan, menangkap serangga dan ikan serta bertemu binatang baru.  

Ada banyak area dengan aktivitas beragam  yang bisa dikunjungi oleh para pemain di game ini, misalnya di Sunburst Island para pemain dapat fokus menangkap berbagai serangga, dan di Saltwater Shores, kamu bisa menangkap berbagai ikan laut!  

Quest dalam Animal Crossing: Pocket Camp (grapee.jp)
Quest dalam Animal Crossing: Pocket Camp (grapee.jp)

Ada berbagai hewan yang berkemah di sini lho, kamu juga bisa menaikkan friendship level dengan mereka. Setelah friendship level dengan salah satu hewan mencapai level tertentu, pemain bisa mengundang teman baru mereka ke perkemahan untuk menikmati berbagai  “memories” – berbagai cerita pendek yang melibatkan friendship level dengan karakter-karakter  Animal Crossing: Pocket Camp.

Selain bertemu dengan karakter hewan dalam game, para pemain juga bisa bertemu dan berteman dengan player lain dengan saling bertukar QR code. Sayangnya, aspek bertukar QR code ini tidak seperti dalam New Horizons karena tidak ada interaksi antara para player, tapi kamu tetap bisa mengunjungi perkemahan mereka dan memberi mereka Kudos.

Setiap naik level, para player bisa bertemu dengan hewan baru, mendapat lokasi baru di peta, dan mendapat akses untuk beberapa layanan seperti Pete’s Delivery Service, Gulliver’s Ship dan item-item baru.

Meski tidak se-"wah” Animal Crossing: New Horizons, fitur terbaik dari Animal Crossing: Pocket Camp yang bisa mengalahkan Animal Crossing: New Horizons adalah tidak perlu Nintendo Switch dan dapat dimainkan lewat smartphone saja. Bukan cuma hemat biaya, tapi juga menghemat waktu. Kamu tidak perlu mempelajari kontrol baru kan?

Asyiknya lagi, game ini bisa diunduh secara gratis di Play Store. Meski memang ada beberapa item yang bisa dibeli dengan uang asli seperi bells atau leaf ticket, item ini dibutuhkan hanya jika para player ingin mempercepat waktu crafting. Jadi, buatmu yang ingin main santai, tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali!

Bagaimana? Lumayan kan bisa merasakan sensasi bermain Animal Crossing dalam smartphone-mu? Bisa dimainkan nih sambil menunggu harga Nintendo Switch kembali normal!