SHARE THIS ARTICLE

Ada yang pernah mendengar kata Cheki? bagi penggemar idol group asal Jepang mungkin kata yang satu ini sudah tidak asing lagi ya. Foto cheki merupakan foto polaroid antara penggemar dengan sosok idol yang biasanya diadakan setelah maupun sebelum pertunjukan dalam sebuah event bernama Cheki kai. Awalnya cheki adalah nama merek untuk kamera Instax dari Fuji Film, namun saat ini banyak orang-orang di Jepang menyebut foto polaroid dari produk perusahaan lainnya juga dengan sebutan cheki.

Cheki-Kai yang diselenggarakan oleh idol group menjadi pemasukan utama bagi chika aidoru atau underground idol selain dari pertunjukan dan penjualan CD maupun merchandise. Maka tak heran jika dalam setiap pertunjukan maupun penampilannya ke beberapa negara termasuk Indonesia, mereka selalu mengadakan event semacam ini.

Sebelum ataupun sesudah pertunjukan para penggemar dapat mengambil foto instax dengan idol favorit mereka, setelah pemotretan mereka juga bisa berbicara selama beberapa detik sampai beberapa menit, dan juga mendapat tanda tangan dari idol. Event ini menjadi daya tarik tersendiri, bahkan banyak dari penggemar yang mengunjungi event tersebut bukan hanya untuk melihat pertunjukan tapi mengikut acara ini.

Tahun 2013 lalu, mantan anggota AKB48, Erena Ono membuat heboh penggemar saat dirinya mengadakan event cheki sebagai bonus untuk para penggemar yang telah membeli CD dan album pertamanya. Namun, promo tersebut mendapat kecaman dari netizen karena Erena seperti tidak ragu untuk melakukan beberapa pose yang sangat tidak pantas dilakukan oleh seorang idol, termasuk mencium wanita seperti di bawah ini.

tokyokinky.com
tokyokinky.com

Di Jepang, cheki bukan hanya dilakukan oleh idol group saja, maid cafe dan beberapa club host juga mengadakan event ini untuk menarik pengunjung. Biaya cheki yang terhitung sangat murah membuat event ini semakin banyak diminati oleh orang-orang, bukan hanya populer di kalangan wota saja. Sayangnya, idol group populer asal Jepang seperti AKB48 Family dan Sakamichi Group sampai saat ini belum pernah mengadakan event cheki kai.

Sources :
COMMENT