Share on

Salah satu festival kultur populer berskala internasional terbesar di tanah air, Popcon Asia sudah siap untuk kembali hadir untuk ke-6 kalinya. Popcon Asia 2017 hadir menjadi ajang unjuk gigi para pelaku industri kreatif Indonesia yang akan menampilkan karya-karya terbaiknya berupa film, animasi, komik, mainan, game, dan sebagainya. Apa saja sih yang bisa dinikmati oleh para pengunjung acara yang di tahun ini mengusung Pop Parade sebagai temanya ini? Beberapa bocoran telah diberikan pada temu media yang telah dilaksanakan 2 Agustus 2017 berselang.

Popcon Inc Siap Gelar Popcon Asia 2017, 5-6 Agustus 2017 Mendatang
Ki-Ka: Faza meonk (kreator komik Si Juki), sunny Gho (CEO Popcon Asia), Sheila Timothy (produser film Wiro Sableng), Joshua Simandjuntak (deputi Pemasaran BEKRAF), Grace Kusnadi (co-founder Popcon Asia)

Selain adanya booth para creator Indonesia yang bisa dikunjungi ada berbagai kegiatan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung di acara ini, di antaranya talkshow, music performance, dan juga cosplay. Di Popcon Asia 2017 ini juga, salah satu creator komik yang sudah cukup lama malang melintang di perkomikan Indonesia, yaitu Faza Meonk akan melakukan launching komik Si Juki seri Jalan-jalan yang merupakan kerjasama creator Indonesia ini dengan tokoh animasi terkenal asal Korea, Larva. Tidak ketinggalan, film Wiro Sableng yang akan segera memulai syutingnya mengadakan Wiro Sableng Experience, yang mengajak pengunjung untuk datang ke PopCon dengan berdandan ala Wiro Sableng.

Popcon Asia 2017 juga bekerjasama dengan Akademi Samali, Spektakel.id dan Asosiasi Game Indonesia juga menyelenggarakan Popcon Award, sebuah ajang pemberian penghargaan untuk creator di 3 bidang yaitu komik, video online, dan game pada periode 2016 dan 2017. Selain award ini, ada banyak kompetisi yang bisa diikuti oleh para pengunjung, seperti make up competition, cosplay competition, toy photography competition, dan kompetisi-kompetisi lainnya.

Popcon Inc Siap Gelar Popcon Asia 2017, 5-6 Agustus 2017 Mendatang
Kenji Ohba dan Peter Sudarso

Popcon Asia 2017 juga akan menghadirkan beberapa ikon kultur populer internasional yang akan hadir, seperti tiga orang pemeran dari seri Power Rangers, yaitu pemeran Blue Ranger pada seri Power Ranger DinoCharge, Yoshi Sudarso, dan pemeran Blue Ranger di seri Power Ranger Ninja Steel, Peter Sudarso, serta Walter Jones, pemeran Black Ranger di seri Mighty Morphin Power Rangers. Selain itu, hadir juga salah seorang tokoh legendaris tokusatsu Jepang, yaitu pemeran Gavan pertama, Kenji Ohba, dan pemeran Gavan terbaru yaitu Yuma Ishigaki, dan banyak tokoh ikon kultur populer lain dari dalam dan luar negeri. Menurut Grace Kusnadi, co-founder Popcon Asia, kehadiran para tokoh kultur pop dunia ini merupakan bagian dari ambisi Popcon Asia untuk bisa menjadi wadah bagi segenap pelaku industri kreatif dan kultur pop terbesar di tanah air.

Popcon Inc Siap Gelar Popcon Asia 2017, 5-6 Agustus 2017 Mendatang
Yuma Ishigaki dan cosplayer Filipina Chris Cantada

Tidak hanya itu, pada acara temu media ini juga diketahui bahwa Popcon Asia, sebagai bagian dari kepeduliannya terhadap perkembangan industri kreatif Indonesia di masa depan, juga memberikan donasi kepada Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, yang diwakili oleh Kak Seto Mulyadi untuk menerima donasi tersebut dalam kesempatan ini.

Popcon Inc Siap Gelar Popcon Asia 2017, 5-6 Agustus 2017 Mendatang
Penyerahan donasi kepada perwakilan LPAI, Kak Seto Mulyadi, oleh Yenny Wangsawidjaja, Director Popcon Asia

Popcon Asia 2017 akan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 5-6 Agustus 2017 mendatang di Jakarta Convention Centre. Tiket masuknya sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu daily pass yang dibandrol dengan harga 95 ribu rupiah, dan 2-day pass yang dibandrol dengan harga 170 ribu rupiah saja.

(Featured image: Popcon Asia 2017 official website) (All other images: Japanese Station/ chaos_in_hell)