Berita Jepang | Japanesestation.com

Japan Cultural Weeks (JCW) hadir kembali! Ya, sebagai pusat kebudayaan Jepang di Indonesia, The Japan Foundation, Jakarta setiap tahun menyelenggarakan Japan Cultural Weeks (JCW), rangkaian perkenalan budaya Jepang selama beberapa minggu, sebagai salah satu bentuk pertukaran kebudayaan antara Jepang dan Indonesia. Tapi, kali ini ada yang beda nih! Apa ya?

Tahun ini, seluruh rangkaian kegiatan Japan Cultural Weeks (JCW) hadir dengan konsep daring yang akan diselenggarakan pada 12 – 27 Februari 2021 melalui beberapa platform media sosial milik the Japan Foundation, Jakarta. Kegiatannya banyak banget! Mulai dari demonstrasi Ikebana, Chanoyu, talk tentang animasi, dan diskusi mengenai budaya kerja antara Indonesia dan Jepang. Dan asyiknya lagi, semuanya bisa dinikmati secara gratis!

Nah, biar lebih jelas, simak penjelasan tentang kegiatan Japan Cultural Weeks (JCW) 2021 berikut!

Huawei MatePad Pro

Yonkoma Manga Challenge

japan cultural weeks 2021 japanesestation.com
Yonkoma Manga Challenge Japan Cultural Weeks 2021 (dok. Japan Foundation)

Yonkoma manga (4コマ漫画) adalah sebuah format komik strip ala Jepang yang secara umum terdiri dari gambar dalam empat panel berukuran sama dari atas ke bawah. Bekerjasama dengan penerbit Elex Media Komputindo, – penerbit buku Seikatsu Kaizen karya Susy Ong yang membahas reformasi polah hidup keseharian masyarakat Jepang selama satu abad - kegiatan ini menantang teman-teman untuk menggambar Yonkoma manga dengan tema “Budaya dan Kehidupan Sehari-hari di Jepang.” Jika ingin mengikutinya, pendaftaran akan dibuka mulai dari 12-23 Februari 2021. Untuk info lebih lanjut dan pendaftaran, klik link berikut ya!

japanscope #22

japan cultural weeks 2021 japanesestation.com
japanscope Japan Cultural Weeks 2021 (dok. Japan Foundation)

japanscope adalah seri diskusi interaktif dan informatif dimana teman-teman bisa belajar tentang Jepang dengan ahli Studi Jepang dengan metode yang berbeda dengan kelas pada umumnya. Kali ini, temanya adalah “How Pop Culture Shapes Public Opinion and Politics?” atau “Bagaimana Budaya Pop Membentuk Opini Publik dan Politik?”

Acara ini akan digelar pada Sabtu (13/2) pada pukul 10:30 – 12:30 WIB dan dapat ditonton secara live via kanal Youtube the Japan Foundation, Jakarta.

Sado: The Way of Tea

japan cultural weeks 2021 japanesestation.com
Pengenaalan upacara minum teh Jepang (sado) di Japan Cultural Weeks 2021 (dok. Japan Foundation)

Upacara Minum Teh (Sadou) merupakan kebudayaan tradisional Jepang dalam menyajikan teh kepada tamu. Upacara minum teh mengajarkan ketenangan jiwa yang ditampilkan dalam gerakan yang elegan dalam menyeduh teh. Japan Fpundation akan mempersembahkan demonstrasi daring upacara minum teh khas Jepang disertai sesi diskusi bersama Asosiasi Chado Urasenke Tankokai Indonesia.

Acaranya akan digelar pada Selasa (16/2) mulai pukul 14:00 - 15:30 WIB dan akan disiarkan secara live via kanal Youtube the Japan Foundation, Jakarta!

Temu Komunitas

Temu Komunitas adalah kegiatan pengenalan komunitas budaya Jepang yang aktif mendukung berkembangnya budaya Jepang di Indonesia. Dalam kegiatan ini, komunitas yang diundang akan berbagi cerita tentang aktivitas dan kegiatannya. Kali ini, Japan Foundation mengundang Teater Enjuku, sebuah komunitas teater musikal berbahasa Jepang yang berasal dari kalangan mahasiswa di Jakarta dan sekitarnya serta Jakarta Osoji Club, komunitas nirlaba yang peduli dengan lingkungan dan permasalahan sampah yang ada di kota Jakarta. Nah, temu komunitas bersama Teater Enjuku akan digelar pada Rabu (17/2) sementara bersama Jakarta Osoji Club pada Rabu (24/2). Keduanya akan dimulai pada pukul 14:00-15:00 WIB secara live via Instagram @jf_jakarta.

Introduction to Study in Japan bersama JASSO

Mendapatkan beasiswa merupakan mimpi bagi setiap orang. Ada banyak sumber yang bisa dijadikan referensi untuk mencari informasi mengenai beasiswa ke Jepang, salah satunya adalah Japan Student Services Organization atau yang lebih dikenal dengan sebutan JASSO. Diskusi ini akan memberikan informasi tentang pendidikan di Jepang secara lengkap dan komprehensif.

Penasaran? Simak live-nya via Instagram @jf_jakarta pada Kamis (18/2) tepatnya pukul 14:00 – 15:00 WIB!

Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Nasional ke-1 

(untuk SMP)

Bekerjasama dengan Pusat Prestasi Nasional dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, The Japan Foundation, Jakarta menyelenggarakan "Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Nasional Ke-1” secara daring. Para siswa SMP di Indonesia yang merupakan pemenang di tingkat daerah akan berkompetisi dalam memberikan presentasi terbaik bertemakan "Sekolah Impian". Acara ini didukung oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan disponsori oleh Pan Pacific International Holding, Panasonic Manifacturing Indonesia, MSIG, PT Hoyu Indonesia, Temple University Japan Campus, dan Kesaint Blanc Publishing.

Saksikan acaranya secara live via kanal Youtube the Japan Foundation pada Sabtu (20/2) pukul  09:00 – 13:00 WIB!

Masih ada lagi lho! Simak halaman berikutnya ya!