Berita Jepang | Japanesestation.com

Sekarang ini, tanpa membeli CD pun orang-orang bisa menikmati musik dengan mudah seperti melalui video streaming, music download, atau music streaming. Meskipun seperti itu, keberadaan program atau acara musik di TV Jepang masih terus berlanjut. Tidak hanya mendengar suara, para penonton bisa menyaksikan live performance dan bincang-bincang bersama artis atau bintang tamu. Inilah yang membuat acara musik di TV unik dan punya daya tarik tersendiri sehingga masih disukai oleh banyak orang. Dalam bahasa Jepang, acara musik yang tayang di TV disebut dengan 歌番組 (uta bangumi).

Berikut ini adalah 8 acara musik yang sampai saat ini masih tayang di stasiun TV Jepang:

Music Station

Acara Musik
Acara Music Station 

Music Station atau biasa disebut Mステ (Msute) merupakan acara musik milik TV Asahi yang sudah mengudara sejak tahun 1986. Acara musik ini tayang setiap hari Jumat pukul 21:00. Setiap minggunya ada banyak bintang tamu membawakan lagu-lagu mereka. Salah satu hal yang menjadi highlight dari Music Station adalah gelar wicara antara Tamori-san selaku pembawa acara dengan bintang tamu.

Huawei MatePad Pro

CDTVサタデー (CDTV Saturday)

Acara Musik
CDTV Saturday (chiebukuro.yahoo.co.jp)

Pada tahun 1933 acara musik Count Down TV mulai mengudara dan ditayangkan oleh stasiun televisi TBS. Namun, pada Maret 2020, acara Count Down TV dibagi menjadi dua acara yaitu CDTV サタデーdan CDTV ライブ!ライブ!.

CDTVサタデー adalah nama acara COUNT DOWN TV yang baru. Acara musik ini tayang setiap hari Sabtu pukul 24:58. Di acara CDTVサタデー, ada peringkat tangga musik atau lagu yang disusun oleh tim CDTVサタデー sendiri. Dengan menyaksikan acara musik ini, para penonton akan mendapatkan informasi terbaru seputar musik, menikmati live performance, menyaksikan segmen 過去のライブラリー (Past Library), dan segmen lainnya. Ciri khas dari acara CDTVサタデー  adalah tiga character generator yang berperan sebagai MC.

CDTVライブ!ライブ! (CDTV LIVE!LIVE!)

Acara Musik
CDTV Live! Live!(tbs.co.jp)

Sama seperti CDTVサタデー, CDTV ライブ!ライブ! juga merupakan acara musik yang berasal dari COUNT DOWN TV. CDTV ライブ!ライブ! baru mulai mengudara pada Maret 2020 lalu. Para bintang tamu yang akan tampil di CDTV ライブ!ライブ! bisa membuat atau menata stage sendiri mulai dari briefing hingga rehearsal. Proses syuting dilakukan di Studio Akasaka, Tokyo. Acara musik ini bisa disaksikan di TBS TV setiap hari Senin pukul 22:00.  

Music Fair

Acara Musik
Music Fair (fujitv.co.jp)

Karena sudah mengudara sejak tahun 1964, Music Fair menjadi acara musik yang paling tua dalam dunia pertelevisian Jepang.  Music Fair disponsori oleh perusahaan SHIONOGI sehingga sering disebut juga dengan "Shionogi Music Fair". Acara musik yang dipandu oleh Nakama Yukie dan Karube Sanichi ini, tayang setiap hari Sabtu pukul 18:00 di Fuji TV. Musik Fair mengadakan sesi bincang-bincang dan projek kolaborasi bersama bintang tamu.

うたコン(Utacon)

Acara Musik
うたコン (kayou-center.jp)

Acara Utacon mulai mengudara di tahun 2016 dan disiarkan oleh stasiun televisi NHK. Acara musik yang dipandu oleh Tanihara Shousuke dan Akiko Nonoka ini, tayang setiap hari Selasa pukul 19:57. Setiap kali tayang, Utacon memiliki tema yang berbeda. Para bintang tamu yang diundang pun akan membawakan lagu yang disesuaikan dengan tema yang telah ditetapkan. Selain itu, Utacon juga menerima request dari para penonton. Acara musik ini memutarkan semua genre musik yang bisa dinikmati oleh banyak generasi.

Masih ada lagi lho, cek halaman berikutnya ya!