Share on

Siapa disini yang pernah menonton acara game show Jepang, Takeshi Castle alias Benteng Takeshi? Acara game show Jepang legendaris ini bukan hanya populer di negera asalnya, tapi juga di kalangan fans luar negeri, termasuk Indonesia. Saking diminatinya, sering kali episode lawas acara ini pun ditayangkan kembali di televisi. Takeshi Castle juga sempat diadaptasi menjadi versi America dengan nama MXC—Most Extreme Elimination Challenge.

Tapi tahukan kalian selain Takeshi Castle, masih banyak acara game show Jepang legendaris lainnya yang bukan hanya seru, tapi juga sangat menghibur dan akan membuat kalian tertawa terbahak-bahak. Berikut ini adalah 4 di antaranya:

Brain Wall

Sub-game dari variety show Fuji Television, The Tunnesls' Thanks to Everyone, Brain Wall menyajikan permainan yang sederhana. Para kontestan yang mengenakan safety gear khusus harus menghindari tembok styrofoam raksasa berwarna merah muda yang bergerak maju ke arah mereka.

Dalam permainan yang juga disebut Tetris Manusia ini, dinding raksasa tersebut memiliki potongan berbentuk aneh menyerupai berbagai pose. Beberapa pose cukup sederhana untuk ditiru, misalnya seseorang duduk dengan kaki telentang, sementara yang lain nyaris tidak bisa diikuti! Poin diberikan kepada kontestan yang melewati dinding tanpa cedera. Tetapi sebagian besar berakhir jatuh ke air.

Gaki No Tsukai

Downtown no Gaki no Tsukai ya Arahende!! – Downtown’s We Are not Errand Boys — adalah program variety komedi game show Jepang yang sangat populer. Setelah mengudara lebih dari 1000 episode sejak awal tahun 1989, sepertinya ini adalah program yang paling terkenal di seluruh negeri.

Di antara rubik lainnya, salah satu yang terbaik adalah Silent Library. Aturan permainan Silent Library sederhana, setiap orang harus diam! Sembari berkumpul, para kontestan akan menarik kartu dari tumpukannya, dan siapa pun yang menarik gambar tengkorak dan tulang bersilang akan dihukum. Hanya satu masalahnya, hukumannya sering kali aneh.

Meskipun kita mungkin tidak sepenuhnya mengerti maksud dari semua ini, tapi ini semua benar-benar lucu! ^^

Seperti banyak game show Jepang lainnya, Silent Library mengilhami spin-off internasional. Meskipun yang asli sejauh ini adalah yang terbaik, adegan dari versi Amerika ini juga cukup mengesankan.

Candy or not Candy

Seperti namanya, Candy or not Candy melibatkan kontestan untuk menebak apakah benda sehari-hari ini sebenarnya adalah manisan yang dibuat sedemikian rupa menyerupai benda tersebut, atau benar-benar benda aslinya. Sekilas sepertinya ini adalah permainan yang cukup sulit. Karena keahlian pengrajin Jepang yang berkualitas tinggi, banyak manisan yang sulit dibedakan dari benda yang mereka modelkan. Sayangnya untuk para tamu, hanya ada satu cara untuk mengetahui barang apa itu, dengan mencoba menggigitnya!

Escape Game DERO!

DERO, game "deadly and dangerous", tentu saja salah satu game show Jepang yang mempertaruhkan banyak hal. Dalam permainan puzzle ini, para kontestan dilibatkan ke dalam situasi berbahaya dan dipaksa untuk memecahkan teka-teki untuk melarikan diri. Seandainya mereka gagal, hidup mereka bisa dipertaruhkan.

Kontes ini mencakup beberapa situasi yang berbeda. Ada lubang tanpa dasar di mana kontestan ditempatkan pada balok yang perlahan-lahan memendek. Ada juga situasi bom yang tersebar, skenario pasir hisap, dan beberapa permainan lainnya yang intinya berkisar pada penyelesaian teka-teki berdasarkan petunjuk yang diberikan oleh sang penyiar.

Jadi, game show Jepang manakan yang menjadi favorit kalian? Atau adakah acara lainnya yang lebih menarik? Yuk share jawaban kalian di kolom komentar! Selain itu, cek juga artikel Program TV Jepang Terpopuler Tahun 2020 ya!