Berita Jepang | Japanesestation.com

Memanfaatkan popularitas salah satu platform video pendek yang selalu dapat memunculkan tren baru di masyarakat “TikTok”, Billboard JAPAN hadirkan program “NEXT FIRE” yang akan fokus dalam menghadirkan musisi-musisi Jepang yang sedang naik daun.

NEXT FIRE merupakan program yang hadir setiap hari Jumat jam 8 malam dengan agenda untuk mengeksplorasi musisi Jepang naik daun, yang memiliki potensi untuk menjadi sensasi atau generasi baru di industri musik Jepang selanjutnya, secara mendalam selama sebulan.

Program yang pertama kali rilis pada bulan Oktober 2020 akan menggunakan fasilitas TikTok LIVE untuk menampilkan live performance, pre record wawancara, serta menyoroti musisi yang tampil dari berbagai hal yang sedang diperbincangkan oleh penggemar.

Huawei MatePad Pro

Pada program NEXT FIRE, musisi yang akan diundang dalam acara akan berdasar pada tangga lagu Jepang “Heatseekers” yang dirilis oleh Billboard JAPAN.

Heatseekers merupakan grafik dari data yang dikumpulkan melalui jumlah siaran radio, penjualan CD, unduhan, streaming, pencarian (salah satunya di Twitter), penayangan video mingguan, dan karaoke sesuai dengan metode yang digunakan Billboard US. Dari data tersebutlah yang kemudian akan menentukan deretan musisi yang masuk dalam Billboard JAPAN HOT 100.

Dan berdasarkan data yang diyakini mencerminkan tren pasar dari musik Jepang tersebut, pada bulan Februari 2021, musisi Jepang naik daun yang berkesempatan untuk tampil di program NEXT FIRE selama sebulan penuh adalah “BLOOM VASE” dengan anggotanya yang terdiri dari RURU, ove, dan JiROMAN.

BLOOM VASE
BLOOM VASE (prtimes.jp)

Program ini akan dipandu langsung oleh HINA, salah satu personil band FAKY, dan Shuichiro yang merupakan salah satu konten kreator TikTok Jepang berpengaruh dengan rata-rata penayangan videonya yang telah melebihi 1.5 juta penonton.

HINA
HINA "FAKY" (prtimes.jp)
Shuichiro
Shuichiro (prtimes.jp)

Melalui program kolaborasi antara Billboard JAPAN dan TikTok ini nantinya, selain dapat menjadi salah satu alternatif bagi penggemar untuk menikmati live performance, sekaligus diharapkan dapat menjadi sarana untuk mendukung musisi Jepang naik daun dengan cara yang baru.

Untuk informasi lebih lanjut terkait NEXT FIRE, kalian dapat mengunjungi website resmi NEXT FIRE, ya!