Share on

Siapa yang tak tahu BABYMETAL? Pasti kalian kenal dengan grup satu ini. Menggabungkan kesan menggemaskan dan metal membuat BABYMETAL dicintai oleh fansnya selama 10 tahun berdiri. Dengan konsep "kawaii metal" grup vokal dan tari beraliran metal ini merupakan ide cemerlang yang sederhana.

BABYMETAL menggabungkan kesenangan heavy metal yang digabungkan dengan budaya Jepang yang lucu dan menggemaskan. Dipadukan dengan koreografi yang ceria, kostum yang serasi, dan senyum yang cerah. Ide itu terbukti menjadi cukup sukses, sehingga mampu untuk menjual sebagian besar pertunjukan mereka di Eropa seperti "TOUR METAL GALAXY WORLD!".

Sebagai penggemar BABYMETAL, dengan adanya tur membuat bertemu banyak penggemar yang ramah dan banyak bicara berbagi pandangan mereka tentang BABYMETAL serta pengalaman mereka. Meski ada banyak grup idola yang kini tertarik dengan konsep serupa, yang membuat BABYMETAL istimewa adalah bahwa basis penggemar mereka begitu luas dan berhasil menyatukan orang-orang dengan latar belakang berbeda.

Dilansir dari Jrock News, beginilah  wawancara kepada penggemar BABYMETAL dengan rentang usia berbeda untuk mengungkap mengapa mereka menyukai BABYMETAL. Sebelumnya, pertanyaan-pertanyaan ini tidak dimaksudkan untuk mengolok-olok penggemar, tetapi untuk mengungkapkan mengapa BABYMETAL begitu hebat dan tidak perlu malu menjadi seorang penggemarnya.

Johan (59) asal Swedia

Mengapa Anda suka BABYMETAL? Itu adalah band metal Jepang pertama yang saya temukan, dan saya pikir mereka sangat energik dan ceria. Saya juga sangat terkesan dengan penampilan tarian mereka di atas panggung.

Band apa yang biasanya Anda dengarkan? Necronomidol, BAND-MAID, Mary’s Blood, BRIDEAR, dan FATE GEAR.

Apakah Anda awalnya mengenal BABYMETAL dan kemudian menemukan band-band Jepang lainnya? Betul, berawal dari BABYMETAL lalu BAND-MAID, dan kemudian "ka-boom". Itu baru saja meledak dari sana dan membuka lubang kelinci. Lubang kelinci juga cukup lebar, ada hampir tak terbatas untuk dijumpai di sana.

Dari sudut pandang masyarakat umum, Anda melihat tiga gadis muda menari di atas panggung. Apakah Anda terkadang merasa aneh dengan hal itu? Terus terang iya, kadang-kadang (tertawa). Tetapi biasanya, saya tidak akan memanggil mereka sebagai "gadis", saya lebih suka menyebut mereka sebagai "artis", karena itulah mereka. Meskipun mereka memang masih diusia muda, mereka bisa memberikan pertunjukan seperti artis profesional lainnya. Jelas bahwa para anggota band menghabiskan banyak waktu untuk berlatih dan bernyanyi, karena itu saya  melihat mereka sebagai para profesional di lapangan. Tetapi saya juga menyadari bahwa saya cenderung lebih suka band metal yang berhadapan dengan wanita secara umum, namun begitulah adanya.

Linn (17) asal Swedia

Mengapa Anda suka BABYMETAL? Karena mereka menggabungkan sesuatu yang terbaik dari dua dunia. Metal yang di dalamnya tambahkan "kawaii: dari J-Pop. Mereka melakukannya dengan cara yang sangat kreatif dan saya sangat menyukai itu.

Band apa yang biasanya Anda dengarkan? Band emo seperti My Chemical Romance, band rock biasa, dan beberapa K-Pop seperti BTS atau Red Velvet.

Bagaimana Anda mendefinisikan "logam kawaii"? Itu merupakan perpaduan antara pop idola Jepang dan metal. Jadi dalam hal pop idola, mungkin seperti AKB48? Saya tidak terlalu menyukai pop idola selain BABYMETAL, jadi saya tidak begitu yakin.

Apa pendapat orang tua Anda tentang BABYMETAL? Mereka suka lagu mereka, terutama yang lebih kencang seperti THE ONE, atau Shine lagu-lagu yang tidak terlalu eksentrik atau terlalu kawaii (tertawa).

Tomi (34) asal Finlandia

Mengapa Anda suka BABYMETAL? Itu pertanyaan yang sulit. Saya sudah menyukai mereka sejak awal, berawal dari lagu mereka "Doki Doki morning", menurut saya seperti "wow". Ini pertama kali saya menemukan jenis musik ini, sebelum itu saya hanya terbiasa dengan metal standar.

Band apa yang biasanya Anda dengarkan? Arch Enemy, Metallica, semua yang sejenis.

Apakah itu berarti BABYMETAL adalah satu-satunya band Jepang yang Anda dengarkan? Saya kira begitu. Sebenarnya, tidak. Saya juga mendengarkan LADYBABY. Keduanya adalah sama-sama band BABY (tertawa).

Apakah Anda malu memberi tahu orang-orang bahwa Anda mendengarkan BABYMETAL? Tidak, karena mereka awalnya tidak tahu apa itu. Jadi saya tidak bisa memberi tahu mereka apa yang saya dengarkan. Mungkin jika mereka cari di Google nanti mereka akan bertanya apa itu. Saya tidak akan malu menunjukan video BABYMETAL kepada rekan kerja saya, tetapi tergantung siapa itu juga.

Bagaimana dengan orang tuamu? Saya sudah menunjukkan kepada mereka tetapi mereka tidak peduli, jadi terserah lah (tertawa).

Alva (16), Therese (21) asal Swedia

Mengapa Anda suka BABYMETAL? Therese: Karena mereka unik. Bukan hanya karena mereka imut dan mengenakan gaun, tetapi memang musiknya sangat bagus bersama dengan kinerja yang mereka tawarkan. Mereka menonjol di antara aliran metal lainnya, biasanya kan metal itu identik dengan pria, rambut panjang, jenggot, tetapi dengan BABYMETAL itu adalah "kawaii metal".

Alva: Saya merasakan hal yang sama, jauh lebih menyenangkan untuk ditonton dan didengarkan karena berbeda dari yang biasanya.

Band apa yang biasanya Anda dengarkan? Therese: Rammstein, Five Finger Death Punch, serta beberapa band metal dan rock klasik.

Alva: Rammstein, terutama hanya itu.

Apakah Anda dapat memberi tahu orang tua Anda bahwa mendengarkan BABYMETAL tanpa malu? Mereka: Iya, tentu saja.

Therese: Saya sudah menunjukkannya kepada orang tua saya, dan ayah saya sangat menyukainya dia berpikir mereka bagus, tetapi ibu saya tidak begitu tertarik pada metal.

Bagaimana kalau menunjukkannya kepada rekan kerja Anda? Therese: Tentu saja, saya sudah melakukannya berkali-kali.

Book (55) asal Jepang

Mengapa Anda suka BABYMETAL? Ah, itu benar-benar sulit dijawab. Ya, mereka imut, mereka kawaii, dan juga sangat menarik dan menyenangkan.

Band apa yang biasanya Anda dengarkan? Saya juga mendengarkan aliran musik lainya, dan BABYMETAL satu-satunya band yang saya ikuti dan saksikan pertunjukannya. Kalau tidak, biasanya saya mendengarkan LiSA, saya sangat suka musiknya, selain itu Aimyon juga sangat bagus.

Terakhir, apa itu "kawaii metal"? Itu sederhana, BABYMETAL!

Nah itu tadi beberapa alasan penggemar mengapa begitu mencintai BABYMETAL, kalau kalian kenapa suka BABYMETAL?