Share on

Pada tanggal 22 April lalu, anggota idol group populer Nogizaka46, Rina Ikoma, melangsungkan konser kelulusannya di Nippon Budokan, Tokyo. Pada konser tersebut, Ikoma menerima banyak surat dari berbagai pihak, namun salah satu di antaranya bisa jadi paling menarik, karena surat tersebut berasal dari Yasushi Akimoto atau Aki-P, produser di balik kesuksesan idol group seperti AKB48 group, Noizaka46, dan Keyakizaka46.

Berikut adalah terjemahan isi surat yang ditayangkan di layar sebelum dilakukannya double encore pada konser terakhir Ikoma di Nogizaka46 tersebut:

21 Agustus 2011

Saya masih ingat sampai sekarang, waktu pertama kali bertemu denganmu, di tempat dilangsungkannya audisi.

Sosokmu yang terlihat tidak nyaman di bawah tatapan orang dewasa yang menjadi panelis sangat meninggalkan kesan.

Tapi saya merasakan sebuah keinginan kuat di balik mata itu.

Di saat anggota lain yang menjadi calon center berguguran, tanpa ragu saya berpikir untuk mewujudkan Nogizaka46 dengan kamu sebagai pusatnya.

Kemudian sejak itu, mengemban posisi center sebanyak 5 karya berturut-turut, tentu melelahkan hati dan badanmu.

Karya yang kutulis dengan bayangan sosok dirimu yang seperti itu adalah ”Kimi no Na wa Kibou”.

Rina Ikoma, meski kamu telah lulus dari Nogizaka46 sekalipun, tetaplah menjadi harapan bagi Nogizaka46.

Yasushi Akimoto.

Selepas pesan tersebut, di tengah paduan suara para penonton yang menyanyikan lagu Kimi no Na wa Kibou dan teriakan memanggil namanya, sendiri, Ikoma tampil kembali  di panggung dan mengungkapkan jawabannya atas surat tersebut. ”Yasushi Akimoto-san, saya baru tahu bahwa anda menuliskan lagu Kimi no Na wa Kibou dengan perasaan seperti demikian, padahal saya merasa saya sama sekali bukanlah harapan….

Lanjutnya, ”Hal yang saya ingin lakukan, adalah terus menjadi harapan bagi Nogizaka. Saya memutuskan untuk lulus demi impian saya, namun yang membentuk saya adalah Nogizaka46, jadi saya akan berusaha sekuat tenaga untuk itu. Mungkin jika dikatakan saya melakukan demi diri sendiri, saya tidak akan dapat melakukannya. Karena saya tidak bisah berusaha keras jika bukan untuk sesuatu. Hal yang paling bisa mengeluarkan usaha saya adalah Nogizaka46, jadi mulai sekarang pun, mohon bantuannya."

Anggota generasi pertama Nogizaka46 ini mengadakan konser kelulusan, setelah sebelumnya mengumumkan kelulusannya lewat situs resmi Nogizaka46 pada awal tahun 2018. (All images: Natalie.mu)