Share on

Budaya pop Jepang terkenal dan populer di seluruh dunia. Terutama, idol grup Jepang yang beranggotakan para gadis belia adalah salah satu simbol J-POP dan pop culture. Berikut 3 idol grup Jepang terpopuler tahun 2020.

1. AKB48

AKB adalah singkatan dari kiblat budaya pop Jepang Akihabara, di mana AKB48 berbasis dan memiliki teater sendiri untuk tampil. Akihabara adalah salah satu kota paling terkenal di Tokyo untuk budaya pop Jepang dan sejumlah besar wisatawan asing sengaja melakukan perjalanan kemari guna mencari manga dan anime serta barang-barang keren lainnya.

AKB48 Theater
AKB48 Theater (jw-webmagazine.com)

AKB48 adalah grup pertama yang diproduksi oleh Yasushi Akimoto, produser dan penulis lirik sebagai "48 grup", dan ada banyak 48 grup lainnya di seluruh Jepang dan bahkan di negara-negara Asia lainnya termasuk Indonesia dengan JKT48.

AKB48
AKB48 (jw-webmagazine.com)

AKB48 terkenal secara internal maupun internasional sejak grup pertama kali didirikan pada tahun 2005. Kemudian di tahun 2017, AKB48 telah menjadi penyanyi wanita nomor satu dengan total penjualan lebih dari 51 juta CD.

Seluruh anggota dari 48 group juga melakukan Senbatsu Election di mana bisa membawa member favorit mereka masuk ke dalam senbatsu terpilih di lagu berikutnya sesuai urutan voting terbanyak layaknya pemilihan umum. Bahkan, voting ini lebih menarik daripada pemilihan umum di Jepang sendiri ya sepertinya!

2. Nogizaka46

Nogizaka46 (乃木坂46) adalah salah satu idol grup Jepang terpanas dan terpopuler. Didirikan pada tahun 2011 oleh Yasushi Akimoto sebagai rival resmi AKB48, namun tidak menjadi bagian dari "48 grup". Apakah kalian memperhatikan sesuatu yang berbeda dengan nama grupnya? Ya, Nogizaka tidak diwakili oleh 3 huruf seperti AKB tetapi kanji Jepang seperti "乃 木 坂" agar memiliki perbedaan yang jelas dari AKB48. Selain itu mereka juga terdiri atas 46 anggota, bukannya 48, yang berarti Nogizaka46 dapat mengalahkan AKB48 dengan 2 anggota lebih sedikit.

Nogizaka46
Nogizaka46 (jw-webmagazine.com)

Pada tahun 2017, Nogizaka46 mencapai puncak kepopuleran idol grup wanita di Jepang karena menghasilkan penjualan terbanyak. Selain itu, hits mereka "Influencer" memenangkan Japan Record Award, penghargaan musik utama di negeri sakura yang mirip dengan American Grammy Award.

Di dalam grup, posisi masing-masing anggota sering kali berubah. Posisi center yang merupakan wajah dari grup telah diubah. Center pertama adalah Rina Ikoma (dari single ke-1 dan ke-5 dan ke-12), dan diikuti oleh Mai Shiraishi (ke-6 dan ke-20). Nanase Nishino juga menjadi center solo (ke-8, ke-9 dan ke-11). Mai Shiraishi dan Nanase Nishino tampil sebagai "Double Center" di single 13 dan 17.

Nogizaka46 dapat dipandang sebagai idol grup Jepang yang tidak biasa karena mereka memiliki banyak penggemar pria dan wanita. Biasanya para idola memiliki penggemar pria, mengapa begitu banyak wanita mendukung grup idola tersebut? Beberapa anggota Nogizaka46 mencapai popularitas sebagai model fashion, sehingga mereka cukup akrab bagi wanita di peragaan busana dan majalah.

3. BiSH

BiSH, yang dikenal sebagai Brand-new idol SHiT, memiliki potensi terbesar di antara idol grup Jepang lainnya. Ia didirikan pada 2015 dan memulai debutnya dengan label utama "avex", sehingga grup idola yang lebih baru ini kurang dikenal di Jepang dan luar negeri daripada dua nama lainnya di atas.

BiSH
BiSH (jw-webmagazine.com)

BiSH debut dengan 5 anggota asli awalnya, namun dua di antaranya mengundurkan diri. Saat ini mereka terdiri dari 6 anggota unik dengan 3 anggota baru: Aina The End, Cent Chihiro Chittiii, Momoko Gumi Company dan Lingling, Hashiyasume Atsuko, Ayuni D yang merupakan anggota terbaru.

Lirik mereka berbeda dari lagu-lagu idol grup lain. Banyak lirik lagu BiSH ditulis oleh anggota sendiri. Tentu saja mereka sama sekali bukan penulis lagu profesional. Kalian dapat melihat karakteristik setiap anggota dalam liriknya. Mereka dengan jujur ​​menulis apa yang ingin mereka tulis, sehingga beberapa karya mungkin tidak futuristik, tetapi kata-katanya tulus menyentuh hati.

Adapun bagian tarian dari performance mereka, Aina The End bertanggung jawab atas koreografi untuk pertunjukan tari sementara koreografer profesional merancang tarian dalam kasus-kasus idol grup Jepang lainnya. Dia bukan merupakan spesialis koreografi, tapi dirinya sangat mengenal semua anggota BiSH lebih dari siapa pun. Itu sebabnya dia dapat merancang koreografi terbaik untuk setiap anggota.