Share on

Media perfilman Kōgyō Tsūshin kembali melaporkan ranking film box office Jepang setelah 100 bioskop kembali dibuka minggu lalu. Karena masih banyak bioskop yang tutup di sekitar Tokyo, Osaka, Kanagawa, dan beberapa area metropolitan lainnya akibat masih mewabahnya virus COVID-19 alias coronavirus, Kōgyō Tsūshin pun mengumpulkan data penjualan tiket hanya ¼ dari total jumlah bioskop di Jepang. Nah, bagaimana hasilnya?

Shinrei Kissa Extra no Himitsu: The Real Exorcist yang baru saja dirilis pada Jumat (15/5) lalu, berhasil meraih peringkat #1. Film ini juga merupakan satu-satunya film baru yang berhasil menduduki peringkat 10 besar dalam box office Jepang pada Sabtu dan Minggu lalu.

Shinrei Kissa Extra no Himitsu: The Real Exorcist  (mydramalist.com)
Shinrei Kissa Extra no Himitsu: The Real Exorcist (mydramalist.com)

Di peringkat #2, ada karya teranyar Makoto Shinkai, Weathering With You. Film yang diputar di 359 bioskop dan tayang selama 448 kali pada bulan Juli lalu di Jepang ini menjadi film lokal yang berhasil menduduki peringkat #7 film dengan hasil penjualan tertinggi di Jepang pada 2019 lho.

Weathering With You (japantoday.com)
Weathering With You (japantoday.com)

Weathering With You sendiri menceritakan tentang seorang anak SMA bernama Hodoka yang kabur dari rumahnya. Untuk bertahan hidup, ia akhirnya bekerja di sebuah majalah di Tokyo. Suatu hari, ia bertemu dengan seorang gadis yang dapat mengontrol cuaca, dan mereka pun memulai bisnis baru bersama.  

Film Weathering With You rupanya bukan satu-satunya karya Shinkai yang berhasil menduduki peringkat 10 besar. Di peringkat #5, ada Your Name. Film yang tayang pada Agustus 2016 di Jepang ini merupakan film dengan penjualan tertinggi ke-4 di Jepang, sekaligus film anime dengan penjualan tertinggi saat ini.

Your Name (whatculture.com)
Your Name (whatculture.com)

Your Name menceritakan tentang seorang murid SMA di Tokyo bernama Taki dan gadis SMA bernama Mitsuha yang hidup di desa.  Mereka mulai bertukar badan satu sama lain kapan pun mereka tidur. Ketika akhirnya dipertemukan, mereka harus berlomba dengan waktu dan takdir untuk saling menyelamatkan satu sama lain.

Berikutnya, ada Shin Godzilla di peringkat #6. Film karya Hideaki Anno dan Shinji Higuchi ini berhasil meraup keuntungan sebesar  8.2 milyar yen setelah dirilis pada Juli 2016. Di peringkat #9, ada film yang sempat viral karena disebut-sebut memprediksi virus corona, Akira. Film karya Katsuhiro Otomo yang baru saja mendapat versi 4K remaster ini baru saja tayang pada 3 April lalu di 36 bioskop IMAX di Jepang.

Akira (io9.gizmodo.com)
Akira (io9.gizmodo.com)

Akibat penutupan bioskop untuk menekan efek dari COVID-19, performa box office turun hingga mencapai 90% pada minggu pertama April jika dibandingkan pada periode yang sama di tahun lalu. Seluruh bioskop di Jepang memang sempat ditutup sejak bulan Maret lalu karena status Jepang yang memasuki darurat virus COVID-19.

Memang, Perdana Menteri Shinzo Abe telah resmi mencabut status darurat COVID-19 di 39 prefektur di Jepang. Namun, 8 prefektur lain yakni Tokyo, Osaka, Kyoto, Chiba, Saitama, Kanagawa, Hyogo, dan Hokkaido masih dalam status darurat hingga kini.