SHARE THIS ARTICLE

Pertama ia adalah penyanyi, kemudian ia melanjutkan menjadi penari, penampil hologram, dan bahkan bintang dari seri game-nya sendiri. Kini Hatsune Miku membuat cabang untuk karir barunya sebagai… asisten guru?

MikuTeacher

Karakter Hatsune Miku telah menjadi terkenal di dunia sejak awalnya yang sederhana sebagai karakter untuk program bernyanyi Vocaloid buatan Yamaha. Kini, menurut Asahi News Jepang, Shikoku University Junior College telah mengumumkan bahwa mulai tahun depan, mereka akan menawarkan mata pelajaran yang akan mengajarkan para pelajar untuk memanfaatkan dan bahkan mendapat keuntungan dari talenta idola virtual ini dan bahkan adik-adiknya.

Mulai bulan April 2015, Junior College Music Department di Universitas Shikoku akan memulai mata pelajaran pengembangan musik mereka. Mata pelajaran ini akan memakan waktu 2 tahun. Selama tahun pertama, para pelajar akan mempelajari dasar-dasar program Vocaloid. Selama tahun ke-2, mereka akan belajar untuk benar-benar menulis lagu mereka sendiri. Kurikulum mata pelajaran ini tentunya juga berisi berbagai kelas lain yang berguna untuk berbagai pengembangan keterampilan musik – bahkan kelas manajemen diri yang mengajarkan para pelajar bagaimana memasarkan lagu-lagu yang mereka ciptakan.

Meskipun ini bukan pertama kalinya suatu sekolah telah memasukkan program Vocaloid di kelas, ini adalah pertama kalinya sebuah perguruan tinggi musik telah menciptakan seluruh mata pelajaran khusus yang berpusat pada mengajar orang-orang untuk menggunakannya.

Jepang telah melihat banyak bakat asli melesat naik dari kedalaman internet berkat Hatsune Miku dan karakter Vocaloid lainnya – banyak seniman yang telah meraih ketenaran dan/atau kesuksesan finansial sebagai hasilnya. Jika ada, mata pelajaran baru ini tentu saja akan memberi kita lebih banyak karya-karya baru dan kreatif dalam dunia hiburan.

Source : kotaku.com
COMMENT