SHARE THIS ARTICLE
Di Jepang Ada Banjir Atau Tidak, Sih (1)
Kemacetan yang ditimbulkan oleh penutupan jalan akibat banjir

Sebagai orang yang terbiasa tinggal di Indonesia, terutama Jakarta, yang setiap kali musim penghujan selalu mendapat jatah banjir, mungkin sering bertanya-tanya, atau malah sudah bertanya pada kenalan atau temannya yang tinggal di Jepang: “Di Jepang ada banjir atau tidak, sih?

Di Jepang Ada Banjir Atau Tidak, Sih (2)
Papan pengumuman larangan melintas dikarenakan banjir

Dengan image-nya sebagai negara yang teknologinya maju dan masyarakatnya yang sadar akan kebersihan, mungkin kita lantas berpikir bahwa Jepang bebas dari banjir. Namun ternyata jawabannya tidak. Bahkan negara seperti Jepang pun, masih mengalami banjir. Di negara dengan pengaturan saluran air yang modern dengan masyarakat yang sadar akan pentingnya kebersihan seperti ini, kok masih terjadi banjir?

Di Jepang Ada Banjir Atau Tidak, Sih (3)
Jalanan yang lengang akibat penutupan jalan

Banjir di Jepang umumnya terjadi bukan karena tersumbatnya saluran air, melainkan karena meluapnya aliran sungai disebabkan oleh hujan terus menerus selama masa antara musim semi dan panas, di mana hujan bisa turun sepanjang hari selama beberapa hari berturut-turut. Namun hebatnya adalah, jika terjadi banjir di Jepang, akan diumumkan ke penduduk sekitar melalui notifikasi alarm pada smartphone, sama seperti kalau terjadi gempa bumi dan bencana alam lainnya. Sebuah sistem yang mungkin akan sangat bagus jika diterapkan di wilayah yang sering banjir di Indonesia, sehingga kita bisa menghindari macetnya lalu lintas daerah banjir. Bahkan soal banjir pun, kita bisa banyak belajar ya dari Jepang.

Di Jepang Ada Banjir Atau Tidak, Sih (4)

Di Jepang Ada Banjir Atau Tidak, Sih (5)

Menurut kalian bagaimana sebaiknya cara menanggulangi banjir?

(Text by: Nom de Plume, kontributor Japanese Station yang tinggal di Jepang)

COMMENT