Share on

Pembaca JS yang hobi menonton drama tentang kehidupan pegawai kantoran atau salaryman pasti pernah melihat scene pesta minum-minum kan? Nah, pesta minum-minum Jepang ini disebut nomikai. Tapi, apa sih sebenarnya nomikai itu? Apakah ada yang tidak boleh kita lakukan saat nomikai? Simak ulasannya ya!

Advertise With Us

Secara literal, nomikai berarti "berkumpul untuk minum-minum". Jadi, biasanya para pegawai suatu perusahaan diundang untuk berkumpul dan pesta minum-minum setelah jam kerja selesai. Biasanya, nomikai dilakukan untuk merayakan keberhasilan proyek kerja, perpisahan dengan kolega lama, menyambut masuknya rekan kerja baru, atau merayakan ulang tahun seseorang. Nomikai juga biasanya digagas oleh manager atau bos, bikin susah menolaknya kan?

Ada tradisi yang harus diperhatikan lho saat nomikai, yaitu untuk selalu membiarkan orang lain menuangkan minuman untukmu dan sebaliknya. Biasanya, seorang kohai (junior) akan mengisi gelas senpai-nya (senior).

Pesta Masih Berlanjut!

Terkadang, setelah sebuah nomikai selesai, para pegawai yang merupakan teman dekat melanjutkan nomikai mereka sendiri di izakaya atau bar lain. Nah, nomikai ini disebut dengan "nijikai", alias "pesta kedua.” Nijikai jauh lebih bebas dan kamu bisa minum lebih banyak!

Bonenkai, Nomikai Akhir Tahun

Bonenkai atau “pertemuan untuk melupakan tahun lalu” adalah nomikai terakhir yang “mewajibkan” para karyawan untuk hadir. Tujuan bonenkai adalah untuk melupakan semua masalah dan argumen yang terjadi sepanjang tahun dan merayakan tahun yang akan datang. Nah, biasanya manajemen perusahaan akan menyiapkan hadiah bagi peserta bonenkai untuk “memancing” semua karyawan dapat hadir di acara itu.

Mendengar ulasan di atas, nomikai sepertinya menyenangkan ya? Tapi jangan salah, ada beberapa hal yang harus dihindari lho. Apa saja?

Jangan Terlalu “Kasual”

pesta minum Jepang nomikai japanesestation.com
Nomikai (pakutaso.com)

Beberapa teguk bir memang bisa bikin kita merasa nyaman dan mualai berpikir kalau semua rekan kerja (bahkan atasanmu) adalah teman dekatmu. Sebenarnya ini tidak salah sih, tapi perlu diingat ya, atasanmu mungkin tidak terlalu nyaman jika kamu terlalu santai saat berbicara dengannya. Banyak orang Jepang yang menganggap terlalu santai itu tidak sopan. Jika berbicara dengan bahasa Jepang, selalu gunakan bentuk sopan “masu” atasanmu ya meski kamu mulai mabuk!

Jangan Terlalu “Bocor”

pesta minum Jepang nomikai japanesestation.com
Nomikai (savvytokyo.com)

Mendiskusikan apa warna pakaian dalam favoritmu atau hal-hal pribadi lain saat mabuk mungkin memang menyenangkan, tapi hal ini tidak akan menyenangkan saat kamu pergi bekerja keesokan harinya dan semua orang pun tahu rahasiamu. Malu kan? Jadi, jaga privasimu sendiri ya!

Jangan Menjelek-jelekkan Kolega

pesta minum Jepang nomikai japanesestation.com
Nomikai pakutaso.com)

Kamu tidak akan tahu bagaimana orang lain menginterpretasikan kata-katamu. Mungkin kamu bercanda, tapi bisa saja kamu membuat orang lain kesal kan? Jika kamu tidak menyukai seseorang, pastikan katakan hal-hal positif saja ya untuk menghindari masalah.

Jangan Berbicara Negatif Tentang Jepang  

Kamu tidak ingin jadi orang asing yang mencoba eksis dengan menjelek-jelekkan negara yang kamu pijaki sekarang kan? Ingatlah, pasti setidaknya ada beberapa orang Jepang yang menjadi kolegamu. Mereka pasti tidak akan menyukai candaanmu.

Jangan Terlalu Mabuk

pesta minum Jepang nomikai japanesestation.com
Nomikai (pakutaso.com)

Perhatikan batasmu. Ingatlah, ini bukanlah apartemenmu, tapi lingkungan kerjamu. Kamu tidak akan merasa puas jika kolegamu melihatmu mabuk berat atau tertidur di restoran. Karena itu, minumlah kurang dari batasmu dan pastikan kamu tetap stabil untuk pulang ke rumah ya!

Jangan Terlihat Bosan

Meski kamu tidak mengerti apa yang kolegamu bicarakan atau pestanya membosankan, jangan terlalu memperlihatkannya. Jangan mengecek smartphone-mu setiap 5 menit sekali dan memperlihatkan pada prang lain kalau kamu punya cara sendiri untuk menghabisakan malammu. Cobalah untuk mencari topik umum dan terlibat dalam pembicaraan. Kamu tidak ingin jadi satu-satunya orang di perusahaan yang bikin orang lain tidak mau mengundangmu untuk kedua kalinya kan?

Jangan Bocorkan “Kecelakaan” Nomikai

Apa yang terjadi di nomikai harus tetap ada di nomikai. Meski kamu melihat bosmu yang galak tiba-tiba menari ala AKB48 dengan dasi di dahinya, jangan ingatkan mereka tentang itu keesokan harinya ya. Jangan memotret dan menyebarkan fotonya juga mereka akan sangat malu. Dan jangan lupa, apapun yang terjadi ketika nomikai, selalu ucapkan, “Terima kasih, ini malam yang menyenangkan!” Dan jika kamu adalah orang yang melakukan hal-hal aneh, minta maaflah pada kolegamu, berterima kasihlah atas perhatian mereka dan minta maaflah dengan mentraktir mereka di hari lain

Nah, itulah sekilas tentang nomikai, pesta minum-minum di Jepang. Kampai!

Sumber:

Savvy Tokyo

Japan Experience