Share on

Apabila kalian mendengar kata 'mumi' pasti yang pertama kali di benak kalian adalah Mesir Kuno, tapi tahukah kalian, kalau di Jepang juga ada kuil yang menyimpan mumi. Tempat tersebut bernama Kuil Ryusui-ji Dainichibo yang ada di kota Tsuruoka, Yamagata.

Mumi disini mungkin berbeda dengan mumi yang ada di mesir, karena mumi di kuil tidak dililit dengan perban berlapis-lapis, melainkan lebih mirip seperti undead.

Melihat Mumi Jepang di Kuil Ryusui-Ji Dainichibo
(gambar: Alena Eckelmann / japantravel)

Kuil ini menyimpan salah satu dari 16 mumi yang tersebar di area Tohoku dan Fukushima. Kerennya, mumi-mumi ini merupakan para biksu yang menjadikan diri mereka sendiri sebagai seorang mumi. Para biksu ini sudah menyiapkan diri menjadi mumi sejak mereka masih hidup dengan cara hanya memakan kacang-kacangan dan meminum cairan yang mengandung kandungan yang mirip dengan cairan balsem yang digunakan untuk mengawetkan mayat. Para mumi ini disebut juga dengan sokushinbutsu atau buddha hidup.

Para sokushinbutsu ini dipercaya memiliki kehidupan yang selamanya, karena tubuhnya akan menjadi jembatan dunia nyata dengan dunia arwah, dan yang memuja dan berdoa kepada sokushinbutsu ini dipercaya akan membawa keberuntungan dan keberkahan.

Melihat Mumi Jepang di Kuil Ryusui-Ji Dainichibo
(gambar: tripadvisor)

Untuk menjadi sokushinbutsu, selain hanya mengonsumsi kacang-kacangan dan cairan sejenis balsem pengawet, biksu yang dipercaya sudah dekat dengan ajalnya akan ditempatkan di pusara bawah tanah dimana mereka hanya dapat duduk bersila dan terus-menerus membunyikan lonceng yang ada di dalam pusara tersebut untuk memberi tahu para biksu-biksu lain bahwa dia masih hidup.

Kuil Ryusui-ji Dainichibo ini terletak di Gunung Yudono, merupakan salah satu dari Dewa Sanzan atau "Tiga Gunung Para Dewa", menurut para penganut Buddha Shingon, Gunung Yudono ini merupakan sebuah lokasi yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata karena kalian harus bisa merasakan energi spiritual yang ada disini agar dapat memahami gunung ini. Kalian akan tahu betapa sakralnya lokasi ini begitu kalian berjalan-jalan di area yang ditutupi oleh kabut ini.

Melihat Mumi Jepang di Kuil Ryusui-Ji Dainichibo
(gambar: tripadvisor)

Mumi yang ada di kuil ini dilaporkan sebagai salah satu mumi yang paling terjaga dan memiliki kondisi yang paling bagus diantara ke-16 mumi Jepang lainnya.

Apabila kalian ingin melihat mumi ini, kalian diharuskan untuk melepas alas kaki terlebih dahulu, lalu kalian harus disucikan terlebih dahulu oleh para biksu di kuil ini sebelum melihat sang mumi yang juga dijuluki Shinnyokai.

Setiap 6 tahun sekali, jubah Shinnyokai ini akan diganti dengan cara dipotong menjadi bagian-bagian lebih kecil, lalu dijadikan sebuah jimat yang bisa kalian beli seharga 1.000 yen.

Kuil Ryusui-ji Dainichibo Alamat: Oami-nyudoTsuruoka, Yamagata (google maps)

 

source : gaijinpot