Share on

Meigetsuin yang berada di Kamakura ini dulunya adalah sebuah bangunan yang menjadi bagian dari Kuil yang lebih besar yaitu Zenkoji. Namun kuil tersebut hancur saat gerakan anti Buddha (Haibutsu kishaku) pada masa restorasi Meiji pada tahun 1867 dan hanya Meigetsuin yang tersisa.

Advertise With Us

Meigetsuin: Kuil yang Dipenuhi Bunga Hortensia
(gambar: JNTO)

Kuil ini terkenal dengan taman bunganya dan sangat ramai dikunjungi orang lokal maupun asing pada bulan Juni - Juli karena pada saat itu bermekaran bunga-bunga hortensia (hydrangea. ajisai) yang cantik. Bahkan saking terkenalnya bunga hortensia di sini, kuil Meigetsuin juga disebut sebagai Ajisaidera (kuil hortensia). Kebanyakan bunga hortensia yang berada disini adalah jenis Hime Ajisai yang berwarna biru.

Ngomong-ngomong, kanji kuil Meigetsuin ini (明月院) mengandung karakter "月" yang dibaca "tsuki" atau "getsu" dan memiliki arti bulan. Ada kepercayaan kuno orang Jepang yang mengatakan kelinci tinggal di bulan. Jadi jangan heran kalau kalian menemukan banyak dekorasi hiasan berbentuk kelinci di kuil ini.

Meigetsuin: Kuil yang Dipenuhi Bunga Hortensia
(gambar: Tarourashima)
Meigetsuin: Kuil yang Dipenuhi Bunga Hortensia
Soyu-do (gambar: JNTO)

Jendela berbentuk lingkaran yang terdapat di bangunan utama kuil juga merupakan daya tarik tersendiri, karena pengunjung bisa menikmati keindahan taman dalam dari ruangan. Selain bangunan utama terdapat juga bangunan lain yang lebih kecil seperti Soyu-do yang digunakan untuk memuja pendiri kuil.

Meigetsuin: Kuil yang Dipenuhi Bunga Hortensia
(gambar: japanvisitor)

Tidak perlu berkecil hati kalau kalian melewatkan masa tumbuhnya hortensia di bulan Juni dan Juli. Kalian bisa mengunjungi kuil ini sekitar bulan November untuk menikmati pemandangan musim gugur Meigetsuin yang juga terkenal. Selama bulan Juni dan November, kalian akan dikenakan biaya tambahan jika ingin melihat bunga Iris yang tumbuh di taman bagian dalam.

Selain Meigetsuin yang disebut Kuil Hortensia, di Kamakura juga terdapat Kuil Hokokuji yang disebut sebagai Kuil Bambu.

Meigetsuin Alamat: 189 Yamanouchi, Kamakura-shi, Kanagawa-ken Jam buka: Bulan Juni 08.30 - 17.00, Selain Juni 09.00 - 16.00 Biaya: 500 yen (tambahan 500 yen jika ingin melihat taman bunga Iris)

 

Featured image: JNTO Sources: japan-guide, japanvisitor