Share on

Sofukuji adalah sebuah kuil Obaku Zen yang dibangun pada tahun 1629 oleh warga yang datang dari Fuzhou, Provinsi Fujian, China dan tinggal di Nagasaki. Bangunan kuil ini memiliki gaya arsitektur China pada masa Dinasti Ming dan terasa berbeda dengan kebanyakan kuil lainnya yang ada di Jepang.

Advertise With Us

Kuil Sofukuji, Bangunan Budaya China di Nagasaki
Sanmon (gambar: Fg2)

Kuil ini memiliki 21 aset budaya, termasuk 2 bangunan yang terdaftar sebagai pusaka negara yaitu hall utama yang disebut Daiohoden dan gerbang Daiippo-mon. Bangunan di kuil ini, mulai dari gerbang depan yang disebut Sanmon semuanya berwarna merah.

Daiohoden

Kuil Sofukuji, Bangunan Budaya China di Nagasaki
Daiohoden (gambar: Fg2)

Daiohoden adalah hall utama dari kuil Sofukuji yang dibangun pada tahun 1646. Didalam bangunan ini terdapat patung Buddha Sakyamuni dan juga terdapat pahatan 18 patung Arhat juga didalamnya. Daiohoden terdaftar sebagai salah satu pusaka negara di Jepang.

Daiippo-mon

Kuil Sofukuji, Bangunan Budaya China di Nagasaki
Daiippo-mon (gambar: Fg2)

Gerbang Daiippo-mon dibangun pada tahun 1644 sebelum dikonstruksi ulang pada tahun 1696 dengan bahan yang dikirim dari Ningbo, China. Sama seperti Daiohoden, gerbang ini juga termasuk sebagai salah satu pusaka negara Jepang.

Kuil Sofukuji, Bangunan Budaya China di Nagasaki
(gambar: Fg2)

Selain 2 bangunan tersebut, di kuil ini juga terdapat aset-aset lainnya seperti Masodo yang merupakan tempat untuk memuja Maso (Mazu) sang Dewi Laut dari China yang dipercaya sebagai pelindung bagi orang yang berlayar, dan panci besar yang pernah digunakan para biksu untuk memberi makan masyarakat pada saat dilanda kelaparan pada akhir abad ke-17.

Sofukuji Alamat: 7-5 Kajiyamachi, Nagasaki-shi, Nagasaki-ken Jam buka: 08.00 - 17.00 setiap hari Biaya: 300 yen

 

Featured image: Japan KYUSHU Tourist Sources: Nagasaki Tourism, japan-guide