Share on

Bukan rahasia lagi bahwa Jepang memiliki salah satu harapan hidup terpanjang di dunia, dengan usia rata-rata 86 tahun, Jepang menempati urutan kedua di dunia. Dan itu semua berkat populasi lansia yang sangat dihormati oleh masyarakat. Sama seperti hari libur nasional untuk anak-anak,  ada satu hari setiap tahun yang didedikasikan hanya untuk para lansia di sana, yakni Keiro No Hi sebagai hari penghormatan lansia di Jepang.

Advertise With Us

Bagaimana Keiro No Hi dimulai ?

Tradisi ini dimulai pada tahun 1947, ketika desa Nomadani Mura, atau sekarang dikenal sebagai kota Taka-cho Prefektur Hyogo, mengadakan pertemuan orang tua di bawah arahan walikota Masao Kadowaki. Dia menyarankan agar kaum muda banyak belajar dari para senior jika ingin membangun desa yang lebih kuat dan mengundang kaum muda untuk duduk dan mendengarkan. Tradisi ini terus berlanjut setiap tahunnya.

Tradisi ini kemudian menyebar dari mulut ke mulut dan mengikuti serangkaian negosiasi dengan pemerintah daerah, Keiro No Hi ditetapkan sebagai hari libur nasional pada tahun 1966 sebagai penghormatan untuk para lansia.

Apa yang dihormati pada perayaan Keiro No Hi ?

keiro no hi hari penghormatan lansia di jepang
Lansia di Jepang (savvytokyo.com)

Jepang tercatat memiliki harapan hidup panjang selama bertahun-tahun, yang sering dikaitkan dengan diet sehat mereka. Oleh karena itu, Keiro No Hi alasan lain di balik menghormati populasi lansia di Jepang, mereka yang disebut lansia adalah orang tua berumur 65 tahun ke atas. Mereka yang hidup panjang dan sehat sangat dihormati dan perayaan ini berfungsi sebagai peringatan bagi anak-anak karena telah merawat orang tua mereka dengan baik. Ini adalah hari dimana kita bisa merenungkan apa saja pelajaran yang kita dapatkan dari kehidupan para lorang tua dulu.

Kapan Perayaan Keiro No Hi Dilakukan ?

keiro no hi hari penghormatan lansia di jepang
Keiro No Hi tahun ini jatuh pada 16 September 2020 (savvytokyo.com)

Biasanya dirayakan pada minggu ke-3 hari Senin pada bulan September, dan tahun ini akan dirayakan tanggal 16 September. Di hari raya ini juga ada yang dikenal sebagai Silver Week, yaitu seminggu dengan tiga hari libur berturut-turut pada hari Senin, Selasa, dan Rabu. Dijuluki silver karena menjadi hari libur terpanjang kedua setelah Golden Week yang terkenal pada akhir April dan awal Mei. Silver juga merupakan istilah umum untuk merujuk pada rambut mereka yang mulai memutih.

Bagaimana Cara Mereka Merayakan Hari Orang Tua?

keiro no hi hari penghormatan lansia di jepang
Berkumpul bersama para lansia dan mendengarkan cerita mereka adalah cara untuk menghormati lansia (savvytokyo.com)

Komunitas lokal biasanya mengadakan acara khusus untuk membantu para lansia di daerah mereka. Anak-anak biasanya menghabiskan waktu bersama orang tua sebagai cara terbaik untuk menghargai mereka.  Di sisi lain,  para relawan lokal juga memeriksa anggota lansia di komunitas setempat sambil membawa keranjang buah, sake lezat atau kotak bento gratis. Sambil menyisihkan waktu untuk mendengarkan cerita-cerita mereka adalah cara untuk menunjukkan perhatian kepada lansia.