Share on

Semua turis yang melakukan wisata ke Jepang sudah pasti mengenal yang namanya Samurai. Samurai memang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong yang hendak pergi ke Jepang. Kisah tentang samurai sudah sering kita lihat di film, manga, anime, dan media-media asal Jepang lainnya.

Lalu, bila berbicara tentang samurai, apa nama daerah di Jepang yang sering dikaitkan dengan samurai? Hampir semua wisatawan akan menjawab Kyoto. Bagaimana tidak, kota yang pernah menjadi ibukota dan pusat pemerintahan Jepang selama 1.000 tahun lamanya ini, memang menjadi pusat kota pada zaman samurai dahulu.

Inilah 5 tempat rekomendasi di Kyoto bagi kalian yang ingin mengalami nuansa wisata ala samurai. Mulai dari museum, hingga membuat pedang sendiri ditemani oleh pandai besi yang handal.

1. Samurai & Ninja Interactive Museum & Show

5 Tempat Rekomendasi Wisata di Kyoto yang Kental Akan Nuansa Samurai
© SAMURAI & NINJA MUSEUM with EXPERIENCE

Museum ini merupakan paket lengkap bagi kalian yang ingin mempelajari tentang kedua hal yang amat terkenal dari Jepang yaitu Samurai dan Ninja. Disini kalian bisa memahami lebih lanjut mengenai sejarah samurai, ninja dan juga sejarah Kyoto.

Para pengunjung juga dapat mencoba langsung mengenakan baju zirah ala samurai dan juga berlatih pedang dengan ahli pedang. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati sesi interaktif untuk mengalami menjadi ninja, dimana pengunjung dapat melempar shuriken dan menggunakan blow gun. Tur museum ini juga akan ditutup dengan pementasan samurai yang menakjubkan. Museum ini juga menyediakan pengalaman menggunakan pedang asli untuk menebas target dan menyediakan virtual reality game.

Kyoto Samurai & Ninja Museum Lokasi : 292 Higashi Daimonjicho Utano koji BuildingNakagyo, Kyoto Jam operasional : 10.30 - 20.00

2. Membuat Pedang Sendiri di Asano Kajiya

5 Tempat Rekomendasi Wisata di Kyoto yang Kental Akan Nuansa Samurai
(Gambar: Asano Kajiya)

Bagi kalian yang tertarik untuk membuat pedang atau katana versi kecil sendiri, kalian bisa datang ke Asano Kajiya. Meskipun letaknya diluar kota Kyoto, namun banyak pengunjung yang menginap di Kyoto datang kesini. Disini, kalian dapat mengikuti workshop yang dibimbing langsung oleh pandai besi ahli Asano Taro-sensei yang akan memandu secara sabar dan ramah. Beliau akan memberikan tips-tips dan cerita bagaimana cara membuat katana yang baik dan benar. Kalian juga bisa membawa pulang hasil ciptaan kalian sendiri!

Asano Kajiya Lokasi : 454-1 EgirachoHashima, Gifu Jam operasional : 09.00 - 17.00

3. Shishin Samurai Cafe & Bar

5 Tempat Rekomendasi Wisata di Kyoto yang Kental Akan Nuansa Samurai
(Gambar: jw-webmagazine)

Setelah berkeliling menjelajahi wisata samurai kalian sudah pasti akan merasa lapar. Di lokasi inilah kalian bisa makan layaknya seorang samurai asli! Begitu kalian menjejakkan kaki kedalam restoran ini, kalian akan langsung bisa merasakan atmosfir samurai yang kental. Dengan disediakannya beragam menu yang bisa kalian pilih, para staff disini juga ramah-ramah dan akan menceritakan sejarah dan asal-usul dari menu yang kalian pilih. Lokasinya tidak jauh dari Kastil Nijo dan bagi kalian yang suka lesehan, lokasi ini sangat cocok untuk kalian.

Shishin Cafe & Bar Lokasi : 230-1 Kamimyokakujicho Koromonotanadori Oshikoji AgaruNakagyo, Kyoto Jam operasional : 17.30 - 23.00

4. Teater Samurai Kembu Kyoto

5 Tempat Rekomendasi Wisata di Kyoto yang Kental Akan Nuansa Samurai
(Gambar: jw-webmagazine)
Teater Samurai Kembu ini adalah tempat bagi kalian yang ingin lebih dalam mempelajari kehidupan samurai melalui pementasan teater, atau ikut langsung berlatih menjadi seorang samurai yang sesungguhnya. Disini pengunjung dapat menikmati penampilan samurai yang diiringi dengan musik, atau yang dinamakan juga tarian kembu. Pengunjung juga dapat membayar ekstra jika ingin mengikuti pelatihan pedang. Samurai Kembu Lokasi : 35-7 Sanchome GOZAN Hotel B1FHigashiyama, Kyoto Jam Operasional : 11.00 - 21.00 Tiket : 3000 yen - 9000 yen

5. Waraku Samurai Experience

5 Tempat Rekomendasi Wisata di Kyoto yang Kental Akan Nuansa Samurai
© LLC Waraku Official Website

Di lokasi ini, pengunjung dapat mencoba tameshigiri atau memotong barang-barang menggunakan katana secara langsung. Kegiatan ini akan dilangsungkan di halaman belakang sebuah rumah yang ada di Omiya yang berjarak hanya 10 menit dari Kastil Nijo.

Para stafnya juga dapat menggunakan bahasa Inggris yang fasih. Disini, para pengunjung dianjurkan untuk mengenakan hakama hitam ketika mencoba melakukan tameshigiri. Setelah selesai tameshigiri kalian dapat menikmati alunan shakuhachi dan melihat bagaimana bara biksu bermeditasi. Kalian harus melakukan reservasi terlebih dahulu untuk mengikuti program disini.

Waraku Samurai Experience Lokasi : 111 Inabacho, Nakagyo-kuKyoto Jam Operasional : 10.00 - 17.00

Dengan kelima list ini, kalian tidak perlu bingung-bingung lagi bila ingin melakukan perjalanan wisata ala samurai. Selama di Kyoto, kunjungi juga lokasi-lokasi menarik lainnya seperti Kuil Kifune atau Iwatayama!

 

source & featured image : jw-webmagazine