Share on

Siapa yang tidak kenal dengan Samurai (侍) atau dalam bahasa Jepang disebut Bushi (武士), perwira militer kelas elit pada masa praindustri Jepang dengan keahlian pedang yang luar biasa. Samurai pada akhir abad ke-12 menjadi hampir seluruhnya identik dengan bushi, dan Samurai juga memiliki aturan kode etik yang dikenal dengan Bushido (武士道).

Advertise With Us

Workshop dan Pertunjukan Samurai oleh Grup Samurai KAMUI di Jakarta
Mr. Kazunobu Achiwa

Pada akhir era Tokugawa, samurai lebih dikenal sebagai kakitangan bagi Daimyo atau tuan tanah. Dan dengan tercetusnya reformasi Meiji pada akhir abad ke-19, samurai dihapuskan dan diganti dengan tentara nasional menyerupai negara-negara barat. Meski begitu, ajaran samurai hingga saat ini masih dapat ditemukan baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam seni bela diri modern Jepang.

Dan kali ini KAMUI, salah satu grup Samurai yang telah diakui dunia akan tampil dan memberikan workshop dan pertunjukan terkait samurai di Jakarta.

Pertunjukan Samurai

KAMUI adalah sekelompok ‘Samurai Artists’ yang menggabungkan keindahan bentuk, akting, dan seni bela diri. KAMUI telah tampil di tempat-tempat bergengsi seperti J.F. Kennedy Center di Amerika, Pergola Theatre & Istana Vecchio di Italia, Museum Hermitage di Rusia, dan Armani Hotel di Dubai.

Mereka memiliki aliran bernama ‘KENGIDO’ dan telah mengajarkan aliran tersebut sejak tahun 2012 tidak hanya di Jepang, tapi hingga ke luar negeri seperti Italia, Polandia, Republik Ceko, Lithuania, Belarus, dan Amerika Serikat.

Workshop dan Pertunjukan Samurai oleh Grup Samurai KAMUI di Jakarta
Mr. Tetsuro Shimaguchi

Tetsuro Shimaguchi merupakan leader KAMUI dan juga sosok yang menciptakan koreografi adegan pertarungan dalam film ‘Kill Bill vol. 1’ yang disutradarai oleh Quentin Tarantino, dan ia juga muncul dalam film tersebut. Ia juga menjadi artis Asia pertama yang mendapatkan penghargaan International Cultural Prize Premio Consonanze pada Oktober 2018 sebagai seniman yang berdampak positif menyebarkan visi dan proyek kreatif di wilayah Tuscan dan wilayah Italia lainnya.

Workshop dan Pertunjukan Samurai oleh KAMUI Tanggal: Jumat, 6 September 2019 Waktu: 19.00-21.00 (dibuka pukul 18.30) Alamat: Hall Sakura, The Japan Foundation, Jakarta Summitmas II, Lantai 1, Jl. Jend. Sudirman kav 61-62, Jakarta Website KAMUI

Rundown Acara 18.30 Registrasi peserta workshop 19.00 Workshop (30 menit) *peserta max 12 orang 19.30 Istirahat 20.10 Pertunjukan 20.45 Q&A 21.00 Penutup dan sesi foto

  Sumber: Press Release