Share on

Jika origami adalah seni melipat kertas Jepang yang terkenal, maka ada juga seni memotong kertas tradisional Jepang, yang dinamakan kirie. Sebelumnya sudah ada beberapa seniman Jepang yang menciptakan aneka karya unik hanya dengan selembar kertas dengan detail yang memukau. Kini seorang seniman Jepang lainnya bernama Risa dengan akun Twitter @mi_kocoa telah membuat beberapa karya-karya yang indah dengan desain ukiran kertasnya yang rumit.

Advertise With Us

Seperti dilansir dari grapee.jp, seniman Jepang yang telah memiliki banyak follower di Twitter tersebut menciptakan karya kirie yang indah dengan mengukir kertas berwarna hitam menjadi rangkaian huruf kanji dan kana yang tulisannya mengambil kutipan dari novel fantasi klasik berjudul Night on the Galactic Railroad karya Kenji Miyazaka. Untuk menyelesaikan karyanya yang menawan ini Risa mengatakan bahwa ia membutuhkan waktu sekitar 100 jam dengan hanya menggunakan pemotong kertas dan selembar kertas yang diukirnya dengan hati-hati.

Menurutnya, apa yang menariknya dari kirie bukanlah sekedar keindahan garis dan bayangan yang telah dipotongnya dengan hati-hati, namun kerapuhan bentuk seni tersebut yang masing-masing bagiannya dapat rusak terutama saat memotongnya. Selain ukiran kata-kata kutipan novel tersebut, Risa juga membuat beraneka desain yang menampilkan bentuk bunga, kucing, dan serigala yang rumit.