Share on

Taman Nasional Shiretoko (Shiretoko Kokuritsu Kōen) meliputi sebagian besar Semenanjung Shiretoko di ujung timur laut pulau Hokkaido, Jepang. Tempat ini juga merupakan salah satu daerah paling terpencil di Jepang, sebagian besar tempat ini hanya dapat diakses dengan perahu atau hiking tour berhari-hari.

Advertise With Us

Taman ini memiliki banyak air terjun salah satunya adalah Air Terjun Kamuiwakka (Kamuiwakka-no-taki) atau "air para dewa" dalam bahasa Ainu. Pada tahun 2005, UNESCO menetapkan kawasan ini sebagai Situs Warisan Dunia karena keindahan alam liarnya yang alami.

Menikmati Alam dan Melihat Hewan Liar di Taman Nasional Shiretoko
(Gambar: japantravel)

Shiretoko terkenal sebagai rumah populasi beruang coklat terbesar di Jepang. Karena taman nasional ini adalah habitat beruang dengan ekosistem yang kaya, sebagian besar daerah hiking memerlukan panduan dari pemandu profesional, kalian akan melihat tanda-tanda di seluruh taman untuk tidak memberi makan beruang, karena alasan keamanan.

Menikmati Alam dan Melihat Hewan Liar di Taman Nasional Shiretoko
(Gambar: buffalotrip)

Selain hiking dengan pemandu, ada dua cara lain untuk menikmati Taman Nasional ini yaitu melalui pelayaran atau dengan tur bus. Dari April hingga Oktober, kalian bisa menikmati pelayaran 3 jam 45 menit di Laut Okhotsk ke tanjung Shiretoko.

Untuk pelayaran dimulai di Pelabuhan Utoro dan melewati banyak air terjun yang indah, yang pertama adalah Air Terjun Frepe yang juga dikenal sebagai Otome no Namida (air mata wanita), air terjun berikutnya adalah Kashuni di mana dulu para pemburu akan berlabuh di gua di bawah air terjun, dan air terjun utama yang terakhir di sisi semenanjung ini adalah Kamuiwakka, yang dikenal sebagai Air Suci dan tidak dapat dijangkau dari darat. Semua nama anak sungai, sungai, danau, dan air terjun berasal dari bahasa asli Ainu.

Menikmati Alam dan Melihat Hewan Liar di Taman Nasional Shiretoko
(Gambar: japantravel)

Taman Nasional ini adalah contoh dimana manusia, alam, dan hewan liar berdampingan sambil mempertahankan warisan dunia yang indah.

Ada beberapa opsi untuk kalian yang ingin mengunjungi taman nasional ini yaitu dengan pesawat atau menggunakan kereta api.

  • Menggunakan pesawat dilanjutkan dengan menggunakan bus - Bandara domestik terdekat dari Taman Nasional Shiretoko adalah Bandara Memanbetsu dengan penerbangan langsung dari atau ke Tokyo, Osaka, Nagoya dan Sapporo, dioperasikan oleh JAL, ANA, dan Air Do. Bandara ini berjarak sekitar 100 kilometer di sebelah barat taman nasional.
  • Menggunakan kereta api dilanjutkan dengan menggunakan bus - Stasiun kereta api terdekat dengan taman nasional adalah Stasiun JR Shiretoko Shari di pusat Kota Shari, sekitar 40 kilometer barat daya taman nasional. Stasiun Shiretoko Shari dapat dicapai dalam waktu 40 menit dari Abashiri (840 yen sekali jalan) atau sekitar 2,5 jam dari Kushiro (2810 yen sekali jalan) dengan kereta yang jarang beroperasi. Perjalanan dari Sapporo melalui Abashiri memakan waktu sekitar 6-7 jam dan biayanya sekitar 11.000 yen.
  Featured image: nippon

Sumber : Japan Travel, Buffalo Trip