SHARE THIS ARTICLE

Akuarium Ikan Laut Terbesar, Churaumi Aquarium di Jepang adalah salah satu atraksi paling populer di Ocean Expo Park, terletak di barat laut Okinawa. Dalam bahasa Okinawa, chura berarti indah, dan umi berarti laut. Akuarium Churaumi adalah salah satu akuarium terbesar di dunia.

Photo Churaumi - Akuarium by tab2_dawa CC BY
Photo Churaumi – Akuarium by tab2_dawa CC BY

Kekayaan alam Okinawa termasuk sejarah dan budaya dapat dialami di Ocean Expo Park, tempat di mana bisa bermain dengan lumba-lumba. Di akuarium ini, dunia menarik dari kehidupan laut dapat ditemukan. Coral lautan yang mempesona dengan sinar matahari terdiri beragam koloni karang yang berbeda.

Akuarium ini memamerkan beragam kehidupan biologi laut di terumbu karang, laut dalam, dan arus Kuroshio yang mengalir melintasi Kepulauan Jepang. Dari keseluruhan 77 tangki akuarium, tangki terbesar disebut The Kuroshio Sea Tank yang memiliki kapasitas 7.500 meter kubik air.

Tangki raksasa, The Kuroshio Sea Tank dapat dilihat dari berbagai arah, misalnya, dari Kamar Aqua dan melalui jendela akrilik besar. Di sini bisa menikmati pemandangan yang tidak pernah dilihat sebelumnya, seperti kelompok hiu paus dan ikan pari manta berenang di laut.

Dari balik dinding kaca akrilik akuarium, pengunjung dapat menyaksikan sejumlah 70 spesies ikan, sebagai atraksi utama. Akuarium lainnya di Laboratorium Riset Hiu berisi hiu banteng dan hiu macan.

Photo Churaumi - Akuarium by Mk2010 CC BY-SA
Photo Churaumi – Akuarium by Mk2010 CC BY-SA

Akuarium laut terumbu karang

Akuarium Laut Karang memamerkan 800 koloni terumbu karang dari 70 spesies di dalam akuarium berkapasitas 300 meter kubik. Akuarium ini terbuka di bagian atas agar sinar matahari yang dibutuhkan terumbu karang dapat masuk.

Akuarium Laut Kuroshio

Churaumi, Akuarium Ikan Laut Terbesar Di Jepang (3)
Photo Churaumi – Akuarium by tab2_dawa CC BY

Kaca akrilik di Akuarium Churaumi pernah dicatat Guinness World Records sebagai panel akrilik terbesar di dunia hingga dikalahkan oleh panel akrilik milik Akuarium Dubai. Di dalam Akuarium Laut Kuroshio dipelihara beberapa hiu paus.

Akuarium laut dalam

Akuarium ini memamerkan spesies ikan laut dalam, termasuk di antaranya Etelis carbunculus, Thyrsitoides marleyi dan spesies yang sulit dipelihara di akuarium. Koleksi akuarium laut dalam terdiri dari 70 spesies yang sebagian besar berasal dari kedalaman laut 200 m di lepas pantai Okinawa.

Fasilitas Lain

Selain atraksi yang harus membayar tiket masuk, di dalam kompleks Taman Ocean Expo tersedia atraksi-atraksi lain yang tidak memungut biaya masuk, di antaranya pertunjukan lumba-lumba dan paus di Okichan Theater, kolam lumba-lumba (Dolphin Lagoon), kolam penyu, akuarium manatee, dan pantai buatan bernama Pantai Emerald.

Photo by Seong J Yang CC-BY-SA 2.0
Photo by Seong J Yang CC-BY-SA 2.0

Di dalam kompleks Taman Ocean Expo juga terdapat Museum Budaya Kelautan dan kebun botani Tropical Dream Center. Pengunjung keduanya diharuskan membayar tiket masuk.

Museum Budaya Kelautan

Museum Budaya Kelautan memamerkan lebih dari 1000 benda-benda yang merupakan bukti hubungan erat antara manusia dan laut, mulai dari perahu, alat-alat memancing, hingga perabot rumah tangga. Benda-benda pameran dikumpulkan dari Jepang, Asia Tenggara, dan kepulauan Pasifik Selatan (Melanesia, Polinesia, dan Mikronesia). Di museum ini juga terdapat sebuah planetarium.

Tropical Dream Center

Tropical Dream Center adalah kebun bunga dan buah tropis yang merupakan bagian dari kebun botani tropis dan subtropis di Taman Ocean Expo. Di dalamnya terdapat kebun anggrek di dalam rumah kaca seluas 14.778 meter persegi, rumah kaca kebun buah-buahan seluas 1.263 meter persegi, dan sebuah menara pengamatan.

Source : aura-ilmu.com
COMMENT