SHARE THIS ARTICLE
image: sumabeachlifestyle.com
Foto: sumabeachlifestyle.com

Rasanya enak, teksturnya lembut, dan porsinya kecil saja. Itulah chawanmushi. Kalau teman pergi ke restoran Jepang, makanan ini mudah ditemukan.

Chawanmushi adalah makanan khas Jepang. Chawanmushi dibuat dari telur ayam dicampur kaldu khas Jepang yang disebut dashi.

Chawanmushi Jepang (2)
Foto: Renny Yaniar

Di dalam mangkuk mungil itu, biasanya chawanmushi diisi sayuran, biji-bijian, ayam, atau udang. Lalu campuran telur dan dashi dituangkan pelan-pelan ke dalam mangkuk.

Kalau kita membuat sendiri, campuran chawanmushi bisa bermacam-macam. Ya, kira-kira seperti kalau kita membuat omelet. Hanya saja kalau omelet digoreng, chawanmushi dikukus.

Campuran itu kemudian dikukus dalam mangkuk. Nah, setelah matang chawanmushi dihidangkan bersama mangkuknya. Makan chawanmushi memang tidak mengenyangkan, karena makanan ini adalah makanan pembuka.

Chawanmushi Jepang (3)
Foto: Renny Yaniar

Chawanmushi sudah ada di Jepang sejak dahulu kala. Makanan ini bisa dinikmati di segala musim. Pada saat musim panas, chawanmushi disajikan dingin. Sedangkan di musim dingin, chawanmushi disajikan hangat. Hmm, lezatnya.

Bentuknya yang lembut dan rasanya yang enak membuat chawanmushi sangat disukai segala usia. Bagaimana teman, mau mencoba chawanmushi?

Source : kidnesia.com
COMMENT