SHARE THIS ARTICLE

Menurut sejarahnya, Katsuretsu atau biasa disebut katsu saja ini menggunakan bahan dasar daging sapi, jenis masakan ini sudah dikenal sejak abad 19. Kenapa disebut katsuretsu atau katsu saja yang artinya hidangan goreng yang dilapisi tepung manir. Hal ini sesuai dengan bentuknya yang memang masakan ini digoreng dengan lapisan tepung di bagian luarnya.

chicken katsu
image: hilltop.corban.edu

Chicken Katsu sendiri merupakan olahan varian dari katsuretsu yang awalnya hanya menggunakan daging sapi saja sebagai bahannya. Sebuah masakan memang membutuhkan daya kreasi untuk memunculkan citarasa kuliner yang baru. Berawal dari coba-coba hingga menjadi makanan layak makan dan bisa menjadi sajian andalan. Mungkin yang sekarang sudah memiliki restoran-restoran besar awalnya dari coba-coba juga, bisa jadi.

Seperti halnya masakan Jepang yang lain, Chicken Katsu juga menjadi hidangan andalan yang ditawarkan olen restoran ala Jepang. Tidak jauh berbeda dengan Sushi atau masakan lain seperti Chicken Teriyaki juga mampu mengundang selera para pecinta kuliner Jepang. Jika yang lain bisa membuatnya kenapa anda tidak? Untuk itu kesempatan yang baik ini akan dibagikan resep masakan Jepang untuk jenis masakan katsu ini. Resepnya ada di Cara Membuat Chicken Katsu Ala Jepang Rasa Nikmat yang berikut ini.

Bahan-bahan:

  •     1 potong daging dada ayam
  •     1/4 sendok teh bubuk merica
  •     1 sendok teh garam
  •     1/4 sendok teh penyedap rasa
  •     1 sendok makan air jeruk lemon
  •     1 butir telur
  •     2 sendok makan susu cair
  •     5 sendok makan tepung terigu
  •     100 gram tepung roti kasar

Cara Membuat Chicken Katsu Ala Jepang Rasa Nikmat:

  1.     Pipihkan daging dada ayam menggunakan palu untuk membuat steak, lalu lumurilah daging ayam tersebut dengan bumbu yang telah disediakan dan aduk-aduk hingga merata. Diamkan ayam selama kira-kira 30 menit hingga bumbu benar-benar meresap.
  2.     Campurkan telur dan susu cair, aduk-aduk hingga tercampur rata, lalu disisihkan dahulu. Kemudian lumuri daging ayam yang sudah dicampur bumbu dengan tepung terigu, lalu celupkan ke dalam campuran telur dan susu cair, selanjutnya guling-gulingkan ayam ke dalam wadah tepung roti.
  3.     Yang terakhir diamkan ayam yang sudah dicampur tepung di dalam kulkas selama 30 menit agar tepung roti lebih kuat menempel. Panaskan minyak dan gorenglah daging yama hingga berwarna kuning kecoklatan, jika dirasa sudah matang segera angkat dan tiriskan, lalu Chicken Katsu siap dihidangkan.

Sangat mudah kan cara membuatnya, jadi jangan takut untuk mencoba hal yang baru meskipun anda belum bisa masak sama sekali. Bahan-bahan di atas bisa dihidangkan unruk 4 orang. Sekali lagi selamat mencoba dan tetap berkreasi.

Source : menuinternasional.blogspot.com
COMMENT