SHARE THIS ARTICLE
Sebagian restoran menyediakan mesin otomatis di Jepang dengan panel khusus untuk memilih dan membayar makanan. Fot: KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI
Sebagian restoran menyediakan mesin otomatis di Jepang dengan panel khusus untuk memilih dan membayar makanan. Fot: KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI

JIKA di Indonesia, fungsi koin receh biasanya hanya dicari-cari untuk membayar jasa parkir, kondisi itu berbeda jika Anda berwisata ke Jepang. Uang berbentuk koin di sana memegang peranan cukup penting, terutama untuk Anda wisatawan yang memegang prinsip perjalanan ala backpacker.

Koin di Jepang terbagi menjadi beberapa satuan, yaitu 1 Yen, 5 Yen, 10 Yen, 50 Yen, 100 Yen, dan 500 Yen. Selain dilihat dari nilai yang tertera di koin Yen, perbedaan antara satu sama lain dapat dilihat dari ukuran diameter atau ketebalan koin dan juga bahan baku pembuatannya.

Manfaat pertama koin di Jepang adalah untuk membeli barang dari vending machine atau mesin penjual otomatis yang tersebar di seantero Jepang. Anda tinggal memasukkan koin sesuai dengan harga barang yang ingin Anda beli, tekan tombol pilihan barang, kemudian barang yang Anda pilih akan keluar bersamaan dengan koin jika ada kembalian.

Kini, barang yang dijual di mesin otomatis tidak hanya sekadar minuman kemasan. Saat ini Anda bisa membeli buah segar seperti apel atau pisang melalui vending machine, bahkan makanan seperti taiyaki (kue tradisional Jepang berbentuk ikan) atau hamburger dapat dibeli dengan koin di mesin penjual otomatis.

Kreatifnya, di salah satu sudut wilayah Harajuku, tepatnya di depan salon Toni & Guy Harajuku terdapat vending machine yang menjual minuman dan juga produk shampoo dan kondisioner maupun jepit rambut.

Koin dapat pula digunakan untuk menyewa locker penyimpanan. Hampir di setiap ruang publik di Jepang seperti stasiun maupun shuttle bus memiliki locker penyimpanan yang dapat digunakan dengan memasukkan koin dengan nominal tertentu. Tentu saja, harga sewa setiap locker berbeda untuk setiap ukuran dan juga lama penyimpanan.

Locker ini sangat bermanfaat untuk Anda yang berlibur dengan mobilitas yang cukup tinggi, Anda bisa menitipkan koper maupun carier di locker untuk beberapa jam selagi Anda puas berkeliling di kota tujuan. Biasanya Anda perlu mengeluarkan koin senilai 200 hingga 300 Yen untuk locker ukuran kecil, 500 Yen untuk locker ukuran sedang, dan 600 hingga 700 Yen untuk locker yang dapat memuat koper maupun carier Anda.

Terdapat banyak pilihan barang yang disediakan di mesin penjual otomatis di Jepang yang dapat dibeli dengan koin. KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI
Terdapat banyak pilihan barang yang disediakan di mesin penjual otomatis di Jepang yang dapat dibeli dengan koin. KOMPAS.COM/ADHIKA PERTIWI

Manfaat lain koin adalah untuk mencuci di coin laundry, yaitu tempat laundry untuk umum yang dapat dioperasikan dengan koin. Jasa coin laundry sangat praktis untuk wisatawan dengan bawaan pakaian terbatas yang mengharuskan untuk segera dicuci, biasanya deterjen untuk mencuci sudah disediakan dalam gelas kertas di tempat coin laundry.

Beberapa restoran di Jepang juga memanfaatkan mesin otomatis yang menggunakan koin sebagai sarana pembayaran makanan dan minuman. Biasanya letak mesin ada di dekat pintu masuk, pembeli harus memilih makanan dan minuman di layar sentuh kemudian membayar dengan koin atau uang kertas, setelah itu kupon dan uang kembalian akan keluar bersamaan.

Anda tinggal duduk menunggu setelah menyerahkan kupon pesanan makanan tersebut ke pelayan restoran. Serba praktis dan efisien, karena tidak perlu ada kasir untuk mengurus pembayaran.

Masih banyak manfaat uang koin jika Anda berwisata ke Jepang, misalnya untuk membeli tiket kereta atau bus, membeli pembalut di toilet umum khusus wanita, membeli koran atau majalah, maupun membeli telur segar dari mesin penjual otomatis. Segera siapkan dompet koin Anda sebelum menjelajahi Jepang.

Source : travel.kompas
COMMENT