SHARE THIS ARTICLE

Burung langka yang biasanya banyak ada di Indonesia, Akagashirasagi (Ardeola bacchus) ternyata akhir Juni lalu muncul di Kyoto, Jepang. Ditemukan di kolam Daikakuji Osawa di Ukyo-ku kota Kyoto. Demikian ungkap koran Kyoto, Sabtu (19/7/2014).

akagashirasagi-ardeola-bacchus-dari-indonesia-muncul-di-kyoto

Kasus yang langka diamati di kota ini memang agak jarang, ditemukan setiap hari. Memang banyak burung berkumpul di kolam tersebut tetapi sangat langka. Ada burung Akagashirasagi ditemukan di sana.

Akagashirasagi burung dari keluarga heron, panjang totalnya sekitar 45 cm. Biasanya banyak terdapat di Indonesia dan Thailand, di tenggara Tiongkok. Dadanya ditutupi dengan bulu dari kepala berwarna merah-coklat di musim panas.

Migrasi burung ini ke Jepang kira-kira dari April sampai Juni. Ada juga contoh peternakannya, seperti di prefektur Kumamoto.

Menurut Wild Bird Society of Japan Kantor Kyoto, mereka melihat kedatangan burung tersebut ke Kyoto sekitar 25 Juni 2014 lalu.

Ada catatan yang telah diamati di Nodagawa dari Yosano-cho pada tahun 1995 di Perfektur Kyoto, yang telah melihat mitra breeding. Meskipun demikian tidak menemukan yang berkeliaran seperti itu,” ungkap perkumpulan pecinta burung tersebut.

Lebih dari 10 tahun saya mengambil gambar di sini, tetapi untuk pertama kali melihat burung ini,” papar Kazuyoshi Miyamoto (78 tahun) dengan bersemangat kepada pers. Burung itu ada di dekat kolam yang tumbuh daun teratainya.

Sebelum warga Indonesia ke Jepang dengan bebas visa, ternyata burung-burung, katak, binatang Indonesia sudah bebas terlebih dulu tiba di Jepang saat ini.

COMMENT