SHARE THIS ARTICLE

Berbagai jenis pekerjaan di Jepang sudah mulai diambil-alih oleh robot humanoid (1)

Keberadaan robot-robot humanoid di antara kehidupan manusia sudah mulai dirasakan perannya. Kini robot-robot humanoid yang sudah memiliki penampilan mirip dengan manusia tidak hanya ditampilkan untuk menarik perhatian masyarakat, tapi juga dalam melakukan tugas-tugas yang sebelumnya dikerjakan oleh manusia. Dengan kemampuan dan teknologi yang dimilikinya, robot-robot humanoid ini tentunya lebih efisien dan lebih cepat dalam melakukan tugas-tugasnya. Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan suatu pekerjaan pun akan lebih berkurang.

Berbagai jenis pekerjaan di Jepang sudah mulai diambil-alih oleh robot humanoid (2)
Robot wanita Chihira Junko melayani pelanggan di pusat informasi Aqua City Odaiba di Minato Ward, Tokyo. (image: The Yomiuri Shimbun)

Seperti dilansir dari the-japan-news.com via newsonjapan.com, salah satu perusahaan Jepang yang telah mempekerjakan robot humanoid adalah Isetan Mitsukoshi Holdings di berbagai department store-nya. Dalam beberapa waktu mendatang, robot-robot humanoid ini akan bekerja sebagai petugas pelayanan/resepsionis di pusat kota Tokyo. Selain itu, sejak tahun lalu robot wanita bernama Chihira Junko juga telah bekerja menyediakan informasi dalam bahasa Jepang, Inggris dan China di berbagai fasilitas pariwisata di Toshiba Corp. Apakah ini masa depan yang diharapkan oleh umat manusia?

Sources :
COMMENT