SHARE THIS ARTICLE
Beberapa Tutorial dan Tips Berguna Bagi Para Cosplayer - Hatsune Miku Sweet Devil - chibiday
Hatsune Miku Sweet Devil by Chibiday (Image Source: goboiano.com)

Kostum, senjata, dan berbagai aksesori karakter-karakter anime banyak yang rumit dan memiliki banyak detail, karenanya seringkali kalian perlu berbagai macam teknik dan trik untuk mengakali cara pembuatannya. Tak hanya itu, urusan wig, membuat bagian-bagian kostum tertentu lebih nyaman dipakai dan terlihat bagus dikenakan juga terkadang cukup tricky, dan beberapa video tutorial dan tips berikut ini mungkin saja bisa berguna bagi para cosplayer!

1. Wig

Ingin ber-cosplay sebagai karakter dengan rambut twintails (kuncir dua) pendek, tapi sayang untuk memotong wig panjang kalian? Tinggal gunakan jepit rambut saja bisa, kok!

Belajar styling wig sesuai dengan gaya rambut karakter kalian, yuk!

2. Batu Permata

Untuk kostum bertatahkan permata, maupun untuk senjata atau aksesori, kalian bisa membuat permata berbagai warna menggunakan gelas berbagai macam bentuk yang bisa dipesan di sini, ditambah cat kuku dan glitter berbagai warna.

Atau, kalian juga bisa membuat permata mainan dengan lem tembak.

Termasuk mutiara-mutiara lem tembak berbagai warna ini untuk detail-detail kecil.

3. Pola Tahan Lama

Tidak ingin memotong pola-pola jahitan kalian barangkali dibutuhkan lagi untuk ukuran yang berbeda? Kalian bisa gunakan vinyl bening semacam ini (di Amerika dijual di Wal-Mart, kalau di Indonesia mungkin bisa cari di Ace Hardware atau semacamnya kali ya…), lalu letakkan di atas pola kalian, dan jiplak garis luarnya menggunakan spidol permanen. Potong dan pakailah untuk pola yang lebih tahan lama!

Beberapa Tutorial dan Tips Berguna Bagi Para Cosplayer 1

4. Bagaimana Cara Menggunakan Pendedel/Pembuka Jahitan dengan Benar

Ilmu berguna bagi mereka yang pintar menjahit tapi mungkin belum tahu~

5. Trik Membuat Thigh High Boot Berbahan Spandeks Terlihat Indah dan Tidak Melorot Saat Dipakai

Ingin ber-cosplay menjadi mahou shoujo tapi thigh-high boots berbahan spandeks terlihat jelek saat dikenakan karena merosot dan berkerut? NyuNyu Cosplay punya trik untuk mempercantik tampilan thigh-high boots kalian dengan cara menyambungkan bagian dalam boots dengan stocking/pantyhose/tights yang agak tebal dan tidak mudah sobek. Kurang lebih, pertama-tama pakai tights warna kulit, lalu dobel dengan boots spandeks kalian, tandai tinggi ideal boots dengan menggunakan jarum pentul (hati-hati ya, lebih baik minta bantuan teman terpercaya jika sulit). Lepaskan, tandai tights dengan garis kira-kira 1,5 cm di bawah jarum, lalu potong bagian bawah sisanya yang tidak terpakai. Lalu, tempelkan bagian bawah tights dengan bagian atas dalam boots menggunakan banyak jarum pentul, lalu jahit (baste atau jahit longgar lebih dahulu dan berhati-hatilah saat menjahit bahan yang melar karena mudah salah. Saat sudah tersambung, coba pakailah dengan dirangkap dengan celana pendek atau pakaian dalam ekstra di luar untuk membantu tights dan boots kalian tetap diam di tempat dan tidak melorot atau bergeser saat kalian beraksi.

Beberapa Tutorial dan Tips Berguna Bagi Para Cosplayer 3

6. Teknik Sederhana Membuat Armor dari Busa

Kalian bisa menggunakan teknik ini untuk membuat gesper sabuk, armor futuristik, dan bahkan helm! Lihat berbagai template armor di sini.

7. Sayap Malaikat yang Mudah

Cukup bermodalkan kardus dan saringan kopi, kalian bisa mencoba sambil melihat tutorial-nya di sini.

Beberapa Tutorial dan Tips Berguna Bagi Para Cosplayer 4

8. Oppai Karakter Anime

Baik untuk crossdress atau ber-cosplay sebagai karakter-karakter dengan ukuran dada kurang realistis, kalian bisa belajar membuat dada palsu di sini.

Beberapa Tutorial dan Tips Berguna Bagi Para Cosplayer 5

9. Make-Up ala Karakter Anime

Untuk membuat tampilan mata lebih besar dan cantik seperti karakter anime, gunakan bulu mata palsu dan lensa kontak seperti ini.

6

Ingin memiliki bibir seperti karakter anime dalam shoujo manga? Teknik make-up bibir ini bisa kalian coba~

Dan, kalau karakter kalian adalah seorang badass dengan bekas luka, kalian bisa gunakan rigid collodion dari Mehron.

Selamat mencoba & selamat ber-cosplay!

Beberapa Tutorial dan Tips Berguna Bagi Para Cosplayer

Source : goboiano.com
COMMENT