SHARE THIS ARTICLE

Di Jepang sudah menjadi hal yang lumrah bila sebelum menyantap makanan akan mengatakan itadakimasu (いただき ます). Itadakimasu sendiri memiliki arti “saya dengan rendah hati menerima“.

itadakimasu-dude-1077

Cara Menggunakan kata Itadakimasu
Itadakimasu umumnya dikatakan sebelum makan. Tapi sebelum itu kalian harus bertepuk tangan kecil (gassho) dan menundukkan kepala kalian sedikit ketika kalian mengatakan itadakimasu, lalu setelah itu kalian dapat mulai menyantap makanannya.
itadakimasu-310
Apa arti Itadakimasu ?
Mayoritas penduduk Jepang adalah beragama Budha, Itadakimasu terkait dengan prinsip-prinsip Buddhisme untuk menghormati semua makhluk hidup. Itadakimasu dimaksudkan untuk mengucapkan terima kasih kepada hewan dan tumbuhan yang menyerahkan hidup mereka untuk makan. Ini juga dimaksudkan untuk berterima kasih kepada semua orang yang berperan dalam membawa makanan ke meja, termasuk nelayan, petani dan chef.
Habiskan makanan kalian
Tradisi di Jepang menganggap boros apabila kita tidak menghabiskan dan menyisakan makanan kita, terkait dengan filosofi Budha yaitu semua kehidupan adalah suci karena hewan dan tumbuhan dengan sukarela merelakan hidupnya untuk menjadi santapan kita atau dalam tradisi Indonesia biasa disebut “mubazir”.
sip-1077
Tapi ini jarang ditemukan di Jepang, karena umumnya masakan Jepang tidak ada yang berukuran besar. Jikapun ada seseorang yang menyisakan makanan, itu dikarenakan orang tersebut tidak menyukai makanannya. Dan orang tersebut akan diampuni jika menawarkan kepada sahabatnya untuk menghabiskannya.
Jadi, tidak ada salahnya kan, apabila budaya “Itadakimasu” kita terapkan sebelum kita menyantap makanan.
Source : japan-talk.com
COMMENT