SHARE THIS ARTICLE

Terkadang kita ingin menetap di suatu negara dalam jangka waktu yang lama, namun berada di luar negeri ternyata membuat kita ingat akan indahnya kampung halaman kita dan kebiasaan-kebiasaan di sekitar lingkungan tempat tinggal kita. Ternyata perasaan kangen atau rindu dengan kampung halaman juga dirasakan oleh orang Jepang lho.

Kali ini kita akan melihat orang Jepang yang ada di Indonesia, banyaknya orang Jepang yang kita lihat di lingkungan kita ini mulai dari sekolah, tempat kerja, mungkin tetangga kalian orang Jepang, beberapa dari mereka sangat merindukan hal-hal di bawah ini.

1. Gaya berpakaian yang menarik perhatian

Jepang memang terkenal akan fashion style-nya yang bisa dibilang unik, tidak heran jika kita ke Jepang, kita akan melihat banyaknya orang-orang yang berpakaian aneh dan ada juga yang keren, padahal di tempat tersebut tidak ada event yang terlihat. Mungkin kalian lebih mengenalnya dengan kata “HARAJUKUyup, style yang satu ini memang mencolok mata, mulai dari gaya rambut, aksesoris dan make-up sangatlah menarik perhatian, begitu juga dengan cosplay.

63ySKc4

Gaya berpakaian seperti inilah yang masih sedikit dilihat oleh orang Jepang di Indonesia, walaupun sekarang sudah ada event cosplay, namun untuk melihat seseorang berpakaian serba nyentrik ala Jepang di jalan-jalan biasa, masih belum ada.

2. Penjaga toko yang semangat bekerja

mWU9EkR

Mungkin orang Jepang telah dijejali pelajaran mengenai customer service sejak kecil, karena di manapun kalian berada, kalian akan mendapat pelayanan yang memuaskan. Bahkan di dalam mini market sekalipun, yang walaupun sang atasan tidak berada di tempat, mereka tidak akan bermalas-malasan bahkan biasanya bekerja sama giatnya. Berbeda dengan mini market di sini, bila berada di tempat yang sedikit sepi, tidak jarang kalian akan menemukan mini market itu sedikit berdebu, sepi dan para pegawainya sibuk tidur-tiduran atau mengobrol di balik kasir.

3. Melihat pekerja kantoran tertidur di kereta

Walaupun bukan hal yang jarang untuk menemukan seseorang tertidur di angkutan umum, namun di Jepang, frekuensi para pekerja kantoran yang tiba-tiba tertidur begitu saja di kereta sungguh luar biasa. Tidak heran bila di kereta Jepang kita dapat menemukan orang yang tidak bisa menahan rasa kantuknya kemudian secara tidak sengaja dia akan tertidur dengan pose-pose yang aneh. hihihihi~

BwX2Uoj

Kalau di sini, tertidur di angkutan umum bisa berarti kecopetan, dibuang ke tempat terpencil, diculik untuk dimintai tebusan, atau hal-hal mengerikan lainnya bisa saja terjadi saat kalian tidak berhati-hati.

4. Melihat kru airport membungkuk untuk menyambut para penumpang

Japanese-Habit-2

Entah ini adalah bentuk sopan santun yang berlebihan atau bagaimana, tapi para mekanik dan kru airport sepertinya akan membungkuk untuk menyambut kalian saat pesawat mendarat. Selain itu banyak juga laporan bahwa salah satu yang dirindukan para ekspatriat ini adalah melihat para kru ini membungkuk karena hal ini seperti menandakan bahwa kalian ‘sudah di Jepang’ dan bukan di luar negeri.

5. Permintaan maaf saat kereta terlambat

Tidak hanya bersih, dapat diandalkan dan ada di mana saja, kereta-kereta di Jepang sangat tepat waktu, bahkan di tengah jam sibuk sekalipun, semua kereta akan datang tepat di waktu yang ditentukan. Bahkan bila kalian terlambat, perusahaan kereta api akan memberikan kalian sebuah tiket yang menjelaskan kepada perusahaan kalian bahwa kalian telat karena keterlambatan kereta tersebut, dan kalian bebas dari hukuman apapun!

Japanese-Habit-3

Tidak peduli salah siapa, sang konduktor atau staf stasiun akan tetap meminta maaf atas keterlambatan kereta, sebuah tanda bahwa mereka siap menerima tanggung jawab yang besar karena kesalahan mereka. Sesuatu yang tidak bisa kita harapkan di Indonesia dengan lalu lintasnya yang berantakan dan supir-supir yang egois.

6. Dipersilahkan untuk menunggu

Japanese-Habit-4

Sama seperti di Indonesia, orang Jepang sangatlah ramah dan perhatian dengan orang lain. Misalnya saat kalian harus mengantri untuk suatu hal, maka kalian akan dipersilahkan untuk menunggu di ruang tunggu. Banyak orang luar negeri yang tidak biasa melakukan hal ini. Namun ada satu perbedaan besar dari budaya Jepang dengan Indonesia, saat mereka (Jepang) mengatakan, “Bersediakah anda untuk menunggu selama 15 menit?“, artinya mereka benar-benar akan datang 15 menit kemudian untuk membantu kalian. Sedangkan di Indonesia, mungkin 150 menit kemudian baru mereka akan mengingatkan kalau giliran kalian masih satu jam lagi.

7. Kecepatan Internet

1109116-internet-komputer-780x390

Yang ini sudah pasti sangat dirindukan oleh orang Jepang yang ada di Indonesia bagaimana tidak, biasanya di Jepang mereka bisa mengakses internet dengan kecepatan 11,7 mbps stabil, namun di Indonesia 3,34 Mbps itupun tidak stabil.

8. Vending Machine

japanese-vending-machines

Vending Machine/mesin penjual otomatis di Jepang sangatlah beraneka ragam, vending machine ini dapat ditemui di setiap pinggiran jalan di Jepang, mesin ini juga menjual beraneka ragam barang 24 jam, mulai dari makanan dan minuman hingga majalah dewasa. Bagaimana dengan di Indonesia? Ya syukur-syukur kalo kita menemukan mesin penjual minuman, itupun biasanya ada di rumah sakit atau di hotel.

Source : keepo.me
COMMENT