Ajak Jaga Kebersihan Bioskop Indonesia, Netizen Bandingkan Dengan Suporter Jepang


Ajak Jaga Kebersihan Bioskop Indonesia, Netizen Bandingkan Dengan Suporter Jepang

Pada ajang Piala Dunia 2014 di Brasil, suporter Jepang mendapat pujian dari orang-orang di seluruh dunia setelah mereka terlihat memasukkan dan mengumpulkan sampah-sampah ke dalam kantung plastik besar berwarna biru yang mereka bawa setelah pertandingan berakhir. Kegiatan serupa juga mereka lakukan setelah Samurai Biru menghadapi musuh-mushnya di Piala Dunia 2018, di mana penggemar Jepang yang hadir kembali membersihkan stadion dari sampah-sampah yang berserakan.


Namun sayangnya, teladan dalam menjaga kebersihan semacam ini nampaknya belum ditiru oleh sebagian masyarakat Indonesia yang datang ke biosop untuk menonton film favorit mereka. Perusahaan yang dikenal memiliki jaringan bioskop terbanyak di seluruh Indonesia, Cinema 21, baru-baru ini melalui akun Instagram-nya, mengajak pengunjung untuk membantu petugas membuang bekas minuman dan makanan sehabis menonton.

“Kalau nonton di bioskop @cinema.21 memang paling senang sambil ngemil. Nah, selesai nonton, sampah bekas makanan dan minumannya jangan ditinggal begitu saja ya!

Yuk bantu petugas Bioskop dengan membantu membuangkan sampah makanan minuman ke tempat sampah yang ada di luar bioskop. Hal ini sangat mudah dan membantu Sobat Nonton lainnya lebih nyaman menonton lho.”

Namun sayangnya, ajakan positif tersebut nampaknya tak serta membuat para pengunjung sadar, pasalnya beberapa dari mereka justru menganggap bahwa membersihkan sampah sudah menjadi pekerjaan dari petugas bioskop. “Kalo bantu petugas bioskop, digaji ga min? Atau dpt cashback makanan dan minumannya, udh byr tiket makan n minum, suruh bantu2 juga, kebangetan,” balas pemilik akun rizky_habib.

Meski begitu, masih banyak netizen yang memberikan tanggapan positif dan membandingkannya dengan aksi bersih-bersih suporter Jepang beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah official_13zein, “Contohlah fans jepang saat nonton piala dunia. mereka memberikan sampahnya disekitarnya, dan hebatnya lagi fans senegal ikut membersihkan sampah2 disekitarnya gara2 liat aksi fans jepang. bukannya bilang ‘kita udah baya mahal, petugas kebersihan tugasnya apa’, gaakan maju indonesia kalo pemikirannya seperti itu terus.”

Selebgram cantik Clairine Christabel, juga turut berkomentar dan membandingkannya dengan negeri para samurai tersebut.  Ia yang baru saja kembali dari Jepang mengatakan bahwa di negara tersebut sangat jarang terdapat tempat sampah, namun tetap bersih.

Menanggapi hal itu, pengguna Twitter locobunny membagikan dua foto sebagai perbandingan, foto bioskop di Indonesia yang dibagikan oleh Cinema 21 dan salah satu loker room Tim Nasional Jepang di ajang Piala Dunia 2018 kemarin.

Meski kalah di fase 16 besar melawan Belgia, namun Shinji Kagawa dan kawan-kawan meninggalkan ruangan loker room mereka dalam keadaan bersih, disertai dengan secarik kertas bertuliskan ucapan terima kasih dalam bahasa Rusia. Ajang sekelas Piala Dunia pastinya juga memiliki petugas kebersihan sendiri, namun itu tidak membuat para pemain skuad asuhan pelatih Akira Nishino berperilaku semena-mena dengan membuang sampat sembarangan.

Source : Cinema 21's Instagram

What's Your Reaction?

LOL LOL
2
LOL
Sugoi! Sugoi!
28
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
3
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
9
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
1
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes