SHARE THIS ARTICLE

Orang di seluruh Jepang menggunakan bahasa Jepang, namun ada kalanya, orang Tokyo tidak bisa memahami kata-kata mereka. Penyebab hal ini adalah karena di Tokyo, bahasa Jepang yang digunakan adalah bahasa Jepang baku, atau hyojun’go, sementara seringkali orang dari luar Tokyo menggunakan dialek, atau biasa disebut hogen, misalnya, dialek Hakata. Berikut ini adalah beberapa contoh kata dalam dialek bahasa Jepang yang tidak dimengerti oleh orang Tokyo.

Karai – Kansai

Di dialek Kansai, “karai” memiliki arti asin, namun pada Bahasa Jepang baku, karai” memiliki arti pedas.

Reikoo – Kansai

Di dialek Kansai, reikoo” memiliki arti es kopi, yang dalam Bahasa Jepang baku disebut aisu koohii”.

Tsukue wo tsuru – Nagoya

Di dialek Nagoya, tsukue wo tsuru” memiliki arti menderetkan meja. Kata-kata yang sama dalam bahasa Jepang baku memiliki arti memancing meja. Kata dalam Bahasa Jepang baku untuk hal ini adalah tsukue wo narabu”.

Chinchikochin – Nagoya

Di dialek Nagoya, “chinchikochin” memiliki arti “panas (biasanya untuk minuman)”, yang dalam Bahasa Jepang baku disebut “atsui”.

Sasatte – Mie, sekitar Ise Shima

Pada dialek Mie, “sasatte” memiliki arti “3 hari yang akan datang”, yang dalam bahasa Jepang baku disebut mikkago”. “4 hari yang akan datang” dalam dialek yang sama disebut shiasatte” yang dalam Bahasa Jepang baku disebut yokkago”.

Urukasu – Hokkaido dan Tohoku

Dalam dialek Hokkaido dan Tohoku, urukasu” memiliki arti “merendam dengan air”, yang dalam Bahasa Jepang baku disebut mizu ni tsukete oku”.

Erai – berbagai dialek bahasa Jepang

Dalam Bahasa Jepang baku, kata erai” memiliki arti “luar biasa”, atau “hebat”, sedangkan kata yang sama dalam berbagai dialek Bahasa Jepang, digunakan dengan beragam arti tergantung dialek setempat, di antaranya, besar”, sangat”, melelahkan”, menyakitkan”, dan sebagainya.

Demikian beberapa dari banyak sekali kata-kata dalam dialek Bahasa Jepang yang kemungkinan besar tidak dipahami orang Tokyo. Adakah kata-kata lain dalam dialek Bahasa Jepang yang kalian ketahui? Share lewat kolom komentar di bawah, ya!

(Featured image: okubo.seesaa.net)

Source : matome.naver.jp
COMMENT