SHARE THIS ARTICLE

Pemandian umum air panas, adalah salah satu ciri khas Jepang. Tempat mandi bareng, bukan mandi campur, biasanya disebut Sento. Kota Tokyo yang metropolitan saja punya 5 Sento favorit wisatawan untuk relaksasi.

Sento berbeda dengan Onsen. Onsen adalah pemandian umum air panas dari mata air asli, sedangkan Sento bukan mata air. Makanya Sento banyak di perkotaan sedangkan Onsen banyak di pegunungan.

Berendam di air panas merupakan salah satu rutinitas warga Jepang. Namun bukan berarti turis tak bisa mencobanya, termasuk di kota besar seperti Tokyo.

Setidaknya ada 5 sento alias pemandian air panas favorit di Tokyo. Mengutip CNN, Kamis (4/9/2014), berikut daftarnya:

1. Takara-yu

sento 2
Foto: (Mark Buckton/CNN)

Takara-yu adalah satu sento favorit warga Tokyo. Berlokasi di Senju, dekat Sungai Akarawa, traveler bisa melihat patung 7 dewa dari kepercayaan Buddha di pintu masuknya.

Takara-yu bukanlah pemandian air panas biasa, di sini juga ada pemandian herbal. Di bagian pemandian pria, traveler bisa melihat taman mungil ala Jepang lengkap dengan kolam dan ikan koi.

2. Daikoku-yu

Foto: (Mark Bucktown/CNN)
Foto: (Mark Bucktown/CNN)

Kalau pernah lihat pemandian air panas Tokyo di televisi, kemungkinan besar itu adalah Daikoku-yu. Ini adalah salah satu sento paling terkenal di Jepang, pun menjadi favorit wisatawan.

Pintu masuknya didekorasi pahatan dan patung-patung Buddha. Bagian dalamnya pun punya banyak ornamen khas, dari dinding sampai langit-langit. Pemandiannya terletak di bagian dalam dan luar ruangan.

3. Rokuryu Kosen

Foto: (Koichi Kamoshida/Getty Images)
Foto: (Koichi Kamoshida/Getty Images)

Pemandian air panas Rokuryu Kosen terletak di belakang Ueno Park, tak jauh dari Kebun Binatang Tokyo. Air di sini tidak jernih, namun konon memiliki kandungan berkhasiat bagi kulit.

Tiap sore hari, Rokuryu Kosen selalu dipenuhi warga Jepang selepas lari sore. Mereka bersantai dan melemaskan otot usai berolahraga.

4. Jakotsu-yu

Foto: (Jakotsu-yu)
Foto: (Jakotsu-yu)

Jakotsu-yu adalah salah satu dari 30-an sento yang berlokasi di kawasan Asakusa. Namun pemandian air panas ini menjadi salah satu favorit turis, karena ‘pemandangan’ yang ada di dalamnya.

Dinding pemandiannya digambar aneka destinasi di Jepang. Mulai dari Gunung Fuji sampai bunga sakura. Semuanya terbuat dari mosaik.

5. Tsubame-yu

Foto: (Mark Buckton/CNN)
Foto: (Mark Buckton/CNN)

Mayoritas orang Jepang berendam pada malam hari. Namun Tsubame-yu yang berlokasi di kawasan Ueno buka dari pagi hari. Oleh karena itulah, tempat ini menjadi perhentian tepat sebelum traveler menuju bandara.

Tsubame-yu punya taman mungil di sebelah pemandiannya. Ada pula lukisan besar Gunung Fuji, dengan warna putih dan pink yang mendominasi.

COMMENT