SHARE THIS ARTICLE
5 Hal yang Wajib Dilakukan di Hokkaido - youtube.com
Image Source: youtube.com

Saat mendengar kata Hokkaido, apa yang terlintas di pikiran kalian? Mungkin salju, musim dingin, pemandangan indah, alam, ski, dan pemandian air panas. Tapi, ada beberapa hal yang mungkin kalian belum tahu, yang wajib dicoba saat berwisata ke Hokkaido.

1. Rasakan kenikmatan kue sus dan es krim dengan kualitas krim tersegar di Niseko

5 Hal yang Wajib Dilakukan di Hokkaido 1

Bayangkan kenikmatan kue sus (cream puff) yang isi krimnya meleleh di mulut. Yummm, itulah yang akan menanti kalian di Milk-kobo Takahashi Farm di Niseko, di mana pemiliknya bersikeras agar para para pembeli langsung memakan kue sus yang mereka beli pada hari itu juga, kalau tidak, mereka sudah menganggapnya ‘lewat tanggal kadaluarsa’. Pasalnya, sapi-sapi di peternakan di sana diperah pada pagi hari, dan susunya lalu langsung digunakan untuk membuat krim yang baru diisi ke dalam kue sus sesuai pesanan.

Pemilik Peternakan Takahashi juga membuka sebuah restoran, Prativo, yang juga banyak memanfaatkan susu segar hasil perahan sapi sendiri, juga berbagai macam sayur-mayur yang tumbuh di distrik tersebut. Para pengunjung akan juga disambut oleh pemandangan gunung Yotei yang juga disebut sebagai Ezo Fuji (Ezo adalah nama lain Hokkaido yang digunakan zaman dulu) karena kemiripannya dengan gunung simbol Jepang tersebut. Para pengunjung bisa datang langsung ke restoran ini untuk menikmati buffet makan siang, atau juga memuat reservasi lebih dulu untuk makan malam.

2. Minum dari mata air alami di Desa Makkari

5 Hal yang Wajib Dilakukan di Hokkaido 2

Sudah 25 tahun lalu ayah Kouji Yokouchi mendirikan Yokouchi Tourism Farm yang kini dikelolanya. Di sini, kalian bisa merasakan kesegaran air mineral dari mata air alami gunung Yotei yang bisa kalian minum melalui keran-keran yang tersedia. Area kecil ini kini sudah berkembang hingga mencakup pasar sayur-sayuran dan kedai tahu yang dibanjiri sekitar 5.000 pengunjung setiap harinya untuk menikmati air segar gratis.

3. Mengamati ikan salmon di habitat alami mereka di Chitose

5 Hal yang Wajib Dilakukan di Hokkaido 3

5 Hal yang Wajib Dilakukan di Hokkaido - Chitose Salmon Aquarium - tripadvisor.co.uk
Image Source: tripadvisor.co.uk

Bukan rasanya saja yang enak, tapi juga tak kalah menarik untuk mengamati ikan salmo di habitat asli mereka. Dan, Chitose Salmon Aquarium adalah satu-satunya tempat di dunia yang menyediakan ruangan observasi bawah air di mana kalian langsung bisa melihat salmon-salmon yang berenang menentang arus di bulan September – Oktober atau bertelur di musim dingin! Tempat ini bisa dicapai hanya 10 menit dari Bandara New Chitose, dan kalian juga bisa melihat alat penangkap ikan yang disebut roda air India (Indian water wheel) yang bisa menangkap salmon dewasa saat mereka berenang menentang arus untuk bertelur.

4. Mencicipi umbi bunga lili di Michi no Eki (tempat pemberhentian seperti rest area)

5 Hal yang Wajib Dilakukan di Hokkaido 4

Memerlukan waktu 6 tahun bagi umbi bunga lili untuk tumbuh sebelum bisa dipanen, namun meskipun waktu dan tenaga yang dikeluarkan untuk merawatnya cukup banyak, sayuran ini mendatangkan keuntungan yang besar pula. Itulah mengapa sudah lebih dari 100 tahun keluarga Toyokazu Tamura mengelola bisnis keluarga peternakan umbi lili dan pabrik Tamura Farm hingga generasi ke-5.

Penasaran seperti apa rasa umbi bunga lili? Kalian bisa mencobanya di salah satu dari 117 tempat pemberhentian di Hokkaido yang dilengkapi dengan toilet bersih, ruang ibu menyusui, tempat parkir luas, dan berbagai fasilitas seperti kedai-kedai makanan, toko oleh-oleh, dan bahkan taman bermain. Umbi bunga lili ini biasa digoreng tepung sebagai tempura, dan dinikmati sebagai lauk mie gandum atau nasi.

5. Belajar membuat mochi di Kururu no Mori

5 Hal yang Wajib Dilakukan di Hokkaido 6

Jangan cuma tahu makannya saja, tapi asik juga untuk mempelajari bagaimana cara membuat mochi, lho! Di Kururu no Mori, kalian bisa merasakan sendiri bagaimana bercocok tanam, memasak, dan memproses makanan, terutama cara pembuatan mochi yang memerlukan banyak tenaga. Pasalnya, kalian harus memukul adonan nasi kukus yang lengket menjadi pasta, membuatnya menjadi bulat-bulat, lalu menggulingkannya di atas bubuk kedelai giling dan gula.

Setelah merasa lelah, kalian bisa memulihkan tenaga dengan menikmati buffet makan siang di restoran peternakan di situ yang menyuguhkan berbagai hidangan sayuran segar dari berbagai tempat di Hokkaido. Oh ya, karena restoran ini populer di kalangan penduduk lokal, pastikan kalian telah membuat reservasi terlebih dahulu, ya~

Source : tnp.sg
COMMENT