5 Hal Unik Tentang Sistem Medis di Jepang


Sistem Medis di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang sangat mengagumkan. Berbagai kelebihan dan keunggulan negeri matahari terbit ini menjadikannya sebagai salah satu negara yang ingin dikunjungi oleh orang-orang dari negara lain. Salah satunya adalah dari segi kesehatannya, di mana sistem medis di Jepang terlihat unik dan berbeda dari negara lain.

1. Masker di mana-mana

image: gahag.net

Di Jepang, melihat orang memakai masker adalah hal yang sudah biasa. Contohnya di lingkungan rumah sakit. Pada saat sedang tidak melakukan operasi, dokter dan para pegawai rumah sakit pun tetap memakai masker dalam keadaan apapun.

2. Mengatur jadwal untuk berobat

image: pakutaso.com

Jepang adalah negara yang sangat sibuk dan sulit untuk mengatur waktu. Begitu juga dengan fasilitas umum seperti rumah sakit atau klinik. Di Jepang, jadwal buka-tutup setiap klinik selalu berubah-ubah walau sudah ditetapkan jadwalnya (senin – jumat jam 9.00 sampai 17.00), dan jika kalian sedang ingin berobat, maka kalian harus menunggu atau mencari klinik yang buka walaupun jaraknya sangat jauh.

3. Dokter itu seperti dewa

image: pakutaso.com

Di negara lain, kalian dapat menemukan dokter yang ramah dan suka berbasa-basi. Tapi kalau kalian pergi ke Jepang, ketika masuk ke dalam ruangan dokter, kalian tidak akan bisa berbuat apapun. Menanyakan pertanyaan pada dokter adalah hal yang tabu. Kalian hanya bisa mengikuti apa yang dokter katakan, kemudian pergi.

image: pakutaso.com

4. Prosedur yang dilakukan agak sedikit aneh

image: gahag.net

Tidak ada seorangpun yang menginginkan untuk sakit. Di Jepang, bahkan bisa menjadi hal yang lebih buruk lagi. Hal yang paling sering dilakukan adalah flu test. Mau tahu bagaimana mereka melakukannya? Tonton saja video di bawah ini!

5. Asuransi kesehatan

image: twitter.com/nenkin_info

Jika kalian tinggal di Jepang, sangat mudah untuk mendapatkan asuransi kesehatan selama kalian memiliki visa selama lebih dari tiga bulan. Mengurusnya pun sangat mudah, hanya menunggu selama beberapa minggu kalian bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh pemerintah atau tempat kalian bekerja. Kalian juga dapat mengaplikasikannya di semua rumah sakit di Jepang dengan ongkos berobat yang murah!

Begitulah sistem medis di Jepang, yang penerapannya cukup aneh, namun di balik semua keanehan itu terdapat banyak sisi positif yang harus kita terapkan juga.

(Featured image: waki.hatenablog.com)

Source : rocketnews24.com

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
1
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Ii Ne Ii Ne
0
Ii Ne
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

5 Hal Unik Tentang Sistem Medis di Jepang

log in

Captcha!
Don't have an account?
sign up

reset password

Back to
log in

sign up

Captcha!
Back to
log in
Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini