5 Anime, Drama & Film Jepang Bertema Bullying Yang Harus Kalian Tonton

3 min


Di Indonesia, saat ini tengah ramai kasus bullying yang menimpa seorang siswa SMP dan juga mahasiwa di salah satu Universitas. Sebagai peringatan agar tidak melakukan hal tersebut, ada lima film Jepang bertema bullying, di mana film-film tersebut memberitahu kita akan bahaya bullying yang bisa membuat korbannya trauma bahkan berakhir dengan kematian.



Dari mulai anime, live-action, hingga serial drama bertema bully yang ditambah dengan kisah percintaan, film-film Jepang ini bisa dijadikan referensi untuk kalian tonton.

1. A Silent Voice

myanimelist.net

Koe no Katachi  atau A Silent Voice merupakan sebuah film anime Jepang bertema drama sekolah yang disutradarai oleh Naoko Yamada. Film ini menceritakan kisah reuni antara Shouya dengan Shouko dan usaha untuk menebus kesalahannya di masa lalu. Sebagai anak murid sekolah dasar yang nakal, Shouya Ishida menghilangkan kebosanan dengan cara mem-bully. Saat Shouko Nishimiya yang tidak bisa mendengar masuk ke kelasnya, Shouya dan seluruh anak-anak di kelas dengan sengaja mengejek dia untuk bersenang-senang. Namun, saat ibu dari Nishimiya mengetahuinya, dia disalahkan atas semua hal yang telah dilakukan pada anaknya dan Nishimiya pun pindah dari sekolah. Sejak saat itulah Shouya ditinggalkan oleh teman-teman sekelasnya, ia tanpa henti dikucilkan dari sekolah dasar hingga menengah. Di tahun ketiga sekolahnya, Shouya masih diliputi oleh kesalahannya dan sungguh-sungguh telah menyesali perbuatannya di masa lalu, dia lalu berniat untuk bertemu dengan Shouko sekali lagi dan menebus kesalahannya.

Film A Silent Voice diadaptasi dari manga dengan judul sama yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yoshitoki Oima. Film tersebut tayang perdana di Jepang pada 17 September 2016 dan ditayangkan di bioskop-bioskop Indonesia pada tanggal 27 April lalu.

2. Aoi Tori

asianwiki.com

Film yang tayang di Jepang tahun 2008 ini bercerita tentang SMP Higashigaoka yang tengah berada dalam masalah setelah satu muridnya, Noguchi diintimidasi dan mencoba bunuh diri di masa lalu. Pada hari pertama masa jabatan baru, seorang guru pengganti datang untuk mengajar. Ketika guru bernama Murauchi tersebut memperkenalkan dirinya, murid-muridnya terkejut karena ternyata ia berbicara dengan gagap. Karena tidak dapat berbicara dengan fasih, Murauchi menghadapi murid-muridnya dengan bahasa isyarat. Instruksi pertamanya kepada muridnya adalah mengembalikan meja dan kursi Noguchi ke tempat asalnya di kelas. Setiap pagi Murauchi menyapa meja kosong, dengan mengatakan “Selamat pagi, Noguchi.” Hal ini menyebabkan riuh di kelas, di antara guru-guru dan orang tua lainnya, tapi Murauchi tidak akan berhenti melakukannya sampai saat Murauchi harus pergi.

Tokoh Muraichi dalam film AOI Tori (The Blue Bird) diperankan oleh aktor senior, Hiroshi Abe, bersama dengan Ito Ayumi dan beberapa aktor dan aktris Jepang lainnya.



3. Kizudarake No Akuma

asianwiki.com

Bulan Febuari lalu, di Jepang telah tayang film live-action adaptasi dari manga berjudul Kizudarake no Akuma (Demon Covered in Scars) yang diperankan oleh Rika Adachi (sebagai Mai), seorang siswa SMA yang pindah ke sekolah baru dan di sana dia bertemu dengan teman sekelasnya Shino yang diperankan oleh Manami Enosawa.

Dalam cerita manga, Mai adalah bagian dari sekelompok gadis yang secara brutal menindas sesama teman sekelas, Shino saat di sekolah. Meskipun Mai tidak pernah secara langsung mem-bully Shino, dia melihat teman-temannya melakukan siksaan yang memaksa Shino untuk pindah sekolah. Namun, karena kepindahan pekerjaan ayahnya, Mai juga dipindahkan dari sekolahnya di Tokyo ke sebuah sekolah di pedesaan. Hari-harinya hancur saat dia menemukan teman sekelas barunya, Shino yang akan membalas dendam.

4. Hana Yori Dango

asianwiki.com

Serial drama Jepang paling populer, Hana Yori Dango (Boy Over Flowers) tayang pada tahun 2005 di TBS. Serial bertema bully dan percintaan yang bakal bikin kalian gregetan ini dibintangi oleh Mao Inoue, dan deretan aktor tampan seperti Jun Matsumoto, Shun Oguri, Shota Matsuda, dan Tsuyoshi Abe.

Hana Yori Dango merupakan adaptasi dari manga shoujo dengan judul sama yang ditulis oleh Yoko Kamio tentang seorang siswa SMA miskin, tapi cerdas bernama Makino Tsukushi (Mao Inoue). Dia akhirnya bertemu dengan grup pria di sekolah yang bernama F4 dan mengalami cinta serta persahabatan.

5. Last Friends

wiki.d-addicts.com

Drama bertema bully terakhir yang harus kalian tonton adalah Last Friends yang tayang pada bulan April hingga Juni 2008. Bercerita tentang ibu Michiru yang  membawa seorang pria kembali ke rumah mereka dan dia diintimidasi di tempat kerjanya di mana dia bekerja sebagai asisten salon kecantikan. Dia mulai berteman dengan pacarnya, seorang pemuda yang baik dan satu-satunya orang yang dapat memberikan dukungan secara emosional, namun berakhir dengan kekerasan dalam rumah tangga dan membuatnya menjadi takut terhadap cinta.

(Featured image: koi-ho.com)



What's Your Reaction?

LOL LOL
43
LOL
Sugoi! Sugoi!
58
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
82
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
97
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
120
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
179
Daisuki!
Kowai Kowai
133
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
67
Kawaii~
Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes