SHARE THIS ARTICLE

Sudah terkenal di kalangan traveler kalau Jepang adalah salah satu negara dengan biaya hidup yang cukup tinggi. Mencari makan yang murah meriah pun sedikit sulit dan memerlukan trik khusus.

153223_jepang
(CNN)

Disusun detikTravel, Kamis (28/8/2014) inilah 4 tips mendapat makanan murah di Jepang:

1. Perhatikan lokasi

Lokasi adalah hal terpenting. Jika berada di pusat keramaian, tentu harga makanan yang dijual lebih tinggi dibanding tempat lain. Jadi jika ingin mendapat yang lebih murah, Anda bisa menepi sedikit ke pinggiran kota. Ueno, Senju dan Ikebukuro bisa menjadi destinasi untuk mendapat makanan murah.

2. Membawa bekal

Meski sedang traveling, tidak menutup kemungkinan kalau Anda membawa bekal makan siang sendiri. Di Jepang, toko swalayan seperti 711, Lawson dan Minimart tersebar di berbagai tempat.

Swalayan seperti ini selalu menyediakan makanan cepat saji yang telah dikemas. Harganya pun relatif murah. Anda bisa membeli ini dan menjadikannya bekal makan siang.

3. Makan di restoran yang berada di basement

Restoran yang sulit terlihat karena lokasi umumnya menjual makanan dengan harga cukup murah. Basement gedung juga umum dijadikan sebagai lokasi restoran di Jepang. Tak ada salahnya masuk dan melihat menu makanan di sana. Biasanya harga yang ditawarkan lebih miring ketimbang restoran di pinggir jalan.

4. Lihat siapa yang membuat

Semakin profesional pembuat makanan, maka kemungkinan harga makanan yang ditawarkan akan lebih mahal. Chef yang menggunakan topi koki dan seragam khusus menunjukkan tingkat profesionalitas. Cara penyajian pun mempengaruhi harga. Semakin cantik dan rapi penyajian, maka semakin mahal harganya.

COMMENT