SHARE THIS ARTICLE

Kentang yang merupakan sumber pati dan serat adalah salah satu umbi-umbian yang paling banyak banyak ditanam di dunia. Tidak mengherankan bila sayuran ini kerap menjadi makanan favorit bagi semua orang. Di Jepang sendiri ada berbagai macam variasi makanan dari kentang. Berikut adalah 4 cara yang cukup menyenangkan untuk menikmati kentang ala Jepang yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah:

1. Korokke

image: foodgawker.com
image: foodgawker.com

Korokke adalah kroket dalam bahasa Jepang di mana kentang dibuat menjadi adonan dan digoreng kering. Biasanya di Jepang ditambah remukan roti atau panko saat penyajian. Korokke cukup populer di Jepang sehingga biasa menjadi snack yang bisa dimakan di jalan dengan variasi rasa yang cukup banyak seperti kari, keju dan labu.

2. Imo Mochi

image: tsunagujapan.com
image: tsunagujapan.com

Imo mochi atau mochi kentang adalah makanan tradisional dari Hokkaido. Makanan ini tercipta ketika orang Hokkaido menggunakan labu dan kentang sebagai ganti nasi untuk membuat mochi karena persediaan yang melimpah. Ada juga yang menggunakan keju sebagai isian dan dapat dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh di Hokkaido.

3. Miso Kanpura

image: aizutouristinformationcentre.tumblr.com/
image: aizutouristinformationcentre.tumblr.com/

Makanan olahan kentang yang cukup populer di Prefektur Fukushima ini adalah kentang rebus yang disate dengan Kon-nyaku dan diberi saus miso. Rasanya yang gurih dan asin membuatnya menjadi snack yang cocok untuk dimakan setiap saat.

4. Jaga Bata

image: newslivez.com
image: newslivez.com

Jaga bata atau kentang mentega sejatinya adalah kentang rebus dengan mentega, garam dan kecap. Karena mudah dibuat dan gampang di pemilihan bumbu, makanan ini sangat mudah dibuat di rumah. Makanan yang populer di Hokkaido ini telah menjadi salah satu olahan kentang yang tidak bisa dilewatkan, jadi jangan sampai terlewat saat kalian berjalan-jalan di Jepang.

Pernah mencicipi salah satunya?

Source : Japan Info
COMMENT