10 Tips Berhemat Saat Liburan di Jepang (Bagian 1)


berhemat saat liburan di Jepang
(Featured image: japanology.org)

Setelah persiapan visa, paspor, dan dan lain-lain selesai dikerjakan, biasanya ada satu hal lagi yang dilakukan oleh orang-orang yang akan berlibur ke Jepang: menukarkan uang ke yen. Dengan nilai yen yang belakangan ini naik, tentunya sebisa mungkin, kita ingin agar uang yang kita bawa ke sana dapat dimanfaatkan sesuai dengan prinsip ekonomi, mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya. Nah, berikut ini adalah beberapa tips berhemat saat liburan di Jepang:


Gunakan Railpass

(Image: japanrailpass.net)
(Image: japanrailpass.net)

Jika kamu akan banyak menggunakan kereta api ke banyak tempat di Jepang, ada baiknya kalian membeli Japan Railpass, yang hanya bisa dibeli di luar Jepang. Meskipun harganya cukup mahal, namun dengan membeli JR Pass ini, kalian akan dapat menghemat biaya transportasi cukup banyak, terutama jika kalian akan menggunakan shinkansen. Jika kalian hanya akan bepergian ke wilayah tertentu, kalian dapat membeli pass regional seperti JR West dan sebagainya. Atau pilihan lainnya, jika kalian berada di Jepang selama masa tersedianya, kalian dapat menggunakan Seishun 18 Pass.

Gunakan kereta lokal dan bus

(Image: nijibin.info)
(Image: nijibin.info)

Kalau berwisata di Jepang, mungkin memang menaiki Shinkansen adalah salah satu hal yang wajib dicoba, meski demikian, jika kalian tidak terburu-buru, ada banyak cara lain yang lebih hemat dalam berjalan-jalan di Jepang. Kalian bisa menaiki kereta lokal dan menikmati pemandangan sepanjang jalur keretanya. Selain itu, bus juga adalah salah satu pilihan yang menarik. Selain lebih murah, jika naik bus kalian akan lebih banyak bertemu orang Jepang, dan turis lain yang juga mencoba berhemat saat liburan di Jepang. Bus malam juga adalah opsi yang baik untuk transportasi antar kota. Kalian bisa menghemat biaya penginapan satu malam dengan bus ini, dan di pagi hari, kalian sudah tiba di tempat tujuan.

Kunjungilah Jepang di luar musim liburan

(Image: well-lab.jp)
(Image: well-lab.jp)

Kalian bisa mempertimbangkan untuk mengunjungi Jepang di musim dingin, dimana obyek-obyek wisata populer tidak akan dikunjungi oleh banyak orang. Atau kalian bisa juga mengunjungi Jepang di musim hujan. Banyak pemandangan di Jepang yang akan menjadi lebih indah seusai hujan turun.

Makanlah seperti penduduk setempat

(Image: foodfighter.jp)
(Image: foodfighter.jp)

Orang Jepang pun sering makan di luar dalam keseharian mereka, namun, kemungkinan besar mereka akan makan di restoran yang lebih murah, yang menyediakan menu seperti ramen, soba, atau gyudon dengan harga di bawah 500 yen. Pilihan lainnya, kalian juga bisa mengunjungi izakaya, atau tempat yang menyediakan makan siang secara tabehodai (all-you-can-eat). Food court dan lantai bawah tanah department store juga akan menawarkan banyak pilihan makanan murah. Jika kalian ingin makan sushi yang lebih murah, cobalah kaiten sushi, dimana setiap piring sushinya akan diantar kepada kalian menggunakan conveyor belt.

Makan sambil berdiri di restoran khusus

(Image: buzz-plus.com)
(Image: buzz-plus.com)

Makan sambil berdiri bukanlah hal yang dilarang di Jepang, misalnya di restoran tachigui soba. Makan di restoran seperti ini  akan cukup memangkas biaya makan yang kalian keluarkan.

Demikian bagian pertama dari 10 tips berhemat saat liburan di Jepang. Untuk kelanjutan dari tips-tips ini, simak terus Japanese Station, ya!

(Featured image: japanology.org)

Source : Japanology.org

What's Your Reaction?

LOL LOL
0
LOL
Sugoi! Sugoi!
0
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
0
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
0
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
0
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
0
Daisuki!
Kowai Kowai
0
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
0
Kawaii~

10 Tips Berhemat Saat Liburan di Jepang (Bagian 1)

Pilih Format
Trivia quiz
Buat pertanyaan untuk mengetahui seberapa luas pengetahuanmu
Polling
Buat polling dan ajak pembaca untuk memilih
Artikel
Original artikel atau berita seputar Jepang
Artikel List
Buat daftar atau peringkat berita seputar Jepang
Ranked List
Ranked List
Meme
Unggah gambar dan buat meme kalian di sini