10 Perilaku yang Paling Menyebalkan Menurut Pengguna Kereta Jepang

3 min


Dalam menggunakan transportasi umum memang kadang kala kita harus menjaga sikap dan perilaku, khususnya jika tranportasi tersebut sedang sarat akan penumpang. Hal yang menurut kita biasa saja bisa jadi mengganggu kenyamanan orang lain.



Tak terkecuali di Jepang, menggunakan angkutan umum khususnya kereta memiliki aturan dan tata krama. Belakangan ini The Japan Private Railway Association mengumpulkan data dari 72 perusahaan dan 2,686 responden untuk mengetahui perilaku apa yang paling membuat orang menggelengkan kepalanya di dalam kereta di Jepang.

10. Makan Ketika Kereta Sedang Penuh (10 Persen)

Kereta Jepang
Makanan (cr. nydailynews.com)

Makan di dalam angkutan umum memang terkadang membuat beberapa orang merasa tidak nyaman, khususnya jika makanan yang dimakan memiliki aroma yang cukup kuat, ditambah lagi dengan suara mengunyah yang dihasilkan dirasa cukup keras dan mengganggu.

9. Meninggalkan Sampah (14.2 Persen)

Kereta Jepang
Buanglah sampah pada tempatnya (cr. villagehiker.com)

Terkadang tanpa disadari kerap kali kita meninggalkan “warisan” di dalam kereta, dan yang paling menjengkelkan adalah ketika “warisan” tersebut berbentuk kaleng, percayalah walaupun Jepang terkenal dengan kebersihannya namun kaleng yang tergeletak di kereta akan sangat jarang dipungut oleh sesama penumpang. Dan ketika kereta bergerak kaleng terguling-guling di lantai dan mengganggu penumpang yang masih berada di dalam kereta.

8. Memakai Make Up (15.1 Persen)

Memakai Make Up (cr. soranews24.com)

Untuk hal yang satu kadang wanita tidak memiliki pilihan lain, khususnya jika mereka sedang terburu-buru, namun ada baiknya jika kalian memang tidak memiliki waktu tahanlah sejenak dan tunggu kereta sampai ke stasiun untuk memakai make up di kamar kecil stasiun.

7. Mabuk di Kereta (15.4 Persen)

Mabuk di Kereta (cr. smatterist.com)

Mabuk adalah hal yang sangat lumrah di Jepang, kerap kali kalian menjumpai orang-orang yang sudah tidak sadarkan diri di dalam kereta. Belakangan hal ini dirasa cukup mengganggu dan menyebalkan, ada baiknya jika kalian memang dalam keadaan mabuk tenangkanlah diri sejenak dan lanjutkan perjalanan ketika keadaan kalian sudah membaik.

6. Berjalan Sambil Main HP (21.5 Persen)

Bermain HP (cr. theglobeandmail.com)

Hal ini sudah tidak asing lagi, jangankan di dalam kereta bahkan di jalanan biasa pun berjalan sambil main hp adalah suatu hal yang mengundang bahaya baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

5. Suara Bocor Dari Headset/Earphone (23.2 Persen)

Mendengarkan Musik di Kereta (cr. verywellmind.com)

Mendengarkan musik favorit di perjalanan memang sangatlah mengasyikan, lama perjalanan kadang tidak lagi terasa jika kita ditemani musik yang kita sukai, tetapi pastikan volume musik kalian tidak terlalu keras sehingga bocor keluar dan mengganggu sesama penumpang kereta.



4. Ugal-ugalan Saat Naik dan Turun (34.3 Persen)

Dorongan Rush Hour di Jepang (cr. youtube.com)

Ketika pintu kereta sudah mau tertutup kerap kali orang memaksakan masuk ke dalam dengan cara menahan pintu dengan kaki ataupun dengan badan mereka, hal yang serupa juga terjadi ketika akan keluar, saking terburu-burunya terkadang terjadi tabrakan antar penumpang yang akan keluar dari kereta

3. Duduk Seenaknya (34.5 Persen)

Duduk Ngangkang (cr. chicagotribune.com)

Duduk ngangkang memang sangat enak, namun ada baiknya kalian tidak melakukan hal ini di kereta, karena kaki kalian yang membuka begitu lebar saat kalian duduk ngangkang akan menghalangi orang lain yang ingin duduk disebelah kalian.

Dan perhatikan tulisan “priority seat” yang terdapat di area khusus, kerap kali ditemui anak muda, turis ataupun bapak-bapak yang menggunakan kursi prioritas yang hanya diperuntukkan untuk orang-orang berkebutuhan khusus.

2. Berbicara dengan Suara Keras (36.9 Persen)

Mengobrol dan Tertawa Riang (cr. blog.gaijinpot.com)

Dulu Jepang terkenal dengan adat tidak berbicara ataupun mengobrol dengan suara keras di dalam kereta, namun belakangan anak-anak muda Jepang mulai meninggalkan adat ini, terlebih jika mereka naik dengan satu rombongan. Obrolan dan tawa yang keras kerap kali membuat orang memicingkan mata dan menatap sinis ke arah mereka.

Hal ini juga berlaku untuk pembicaraan di telpon genggam, ada baiknya kalian menahan diri untuk berbicara dengan suara keras jika berada di dalam kereta di Jepang, jikapun sangat terpaksa maka gunakanlah suara yang pelan dan tidak mengganggu orang lain

1. Meletakkan Tas Sembarangan (37.3 Persen)

Menggunakan Tas di Dalam Kereta (cr. villagehiker.com)

Siapa sangka hal ini menjadi perilaku paling menyebalkan menurut pengguna kereta Jepang, banyak keluhan muncul kepada para pengguna ransel yang masih menggunakan ranselnya dipunggung ataupun side bag yang mengayun-ayun, hal ini ternyata dirasa cukup mengganggu penumpang lainnya, solusinya adalah melepaskan ransel atau tas kalian dan menjinjingnya tepat dihadapan kalian ketika berada di dalam kereta.

Meletakkan tas sembarangan seperti disamping tempat duduk pun mendapat protes keras dari para pengguna kereta di Jepang.

Dari perilaku menyebalkan di atas, kira-kira perilaku mana yang paling kalian benci?

Featured Image : www.japantoday.com

Sources :


What's Your Reaction?

LOL LOL
14
LOL
Sugoi! Sugoi!
31
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
64
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
66
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
83
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
96
Daisuki!
Kowai Kowai
120
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
39
Kawaii~
Harry Pasha

Not a writer nor journalist.

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes