10 Fakta Tatami, Tikar Tradisional Jepang yang Harus Kalian Ketahui!

3 min


Tatami merupakan tikar yang berasal dari Jepang, dibuat secara tradisional dengan bahan jerami yang ditenun, namun sekarang mulai banyak jenis tikar ini yang tidak dibuat dari jerami tetapi menggunakan bahan sintetis seperti styrofoam, tahukah kalian jika ternyata alas lantai yang sederhana ini memiliki beberapa fakta yang mungkin belum kalian ketahui, kali ini kita akan menjelaskan fakta-fakta lain mengenai tikar Jepang ini!



Merupakan Tikar Tradisional yang Digunakan di Jepang
Tatami
Ruangan Tradisional Jepang (cr. haikudesigns.com)

Sudah bukan rahasia umum lagi kalau Tatami memang merupakan tikar yang selalu dipakai oleh orang-orang di Jepang. Ruangan dengan nuansa tradisional Jepang selalu memakainya sebagai pelapis lantai, biasanya yang baru memiliki warna  hijau tapi semakin lama warnanya akan berubah menjadi kekuningan.

Dibuat Oleh Mesin
Tatami
Proses Pembuatan Tatami (cr. Youtube.com)

Karena pembuatannya yang menggunakan jerami dalam jumlah banyak, sekarang pembuatan tikar ini sudah dilakukan dengan menggunakan mesin, 1 buah tikar tradisional Jepang ini dapat memakan 4000 sampai 7000 batang jerami guna mempersingkat proses pembuatan maka teknologi dilibatkan dalam prosesnya.

Standar Ukuran
Tatami
(cr. thefutonshop.com)

Memiliki dua jenis ukuran berbeda dengan perbandingan 2:1 yakni sekitar 910 mm x 1820 mm untuk ukuran yang pertama dan untuk ukuran yang kedua memiliki ukuran setengah dari ukuran yang pertama, namun ada juga beberapa ukuran lainnya yang cukup bervariasi.

Asal Usul
Tatami
(cr. photohito.com)

Diawali pada periode Heian, awalnya alas lantai ini hanyalah jerami yang ditumpuk-tumpuk untuk membuat nyaman ketika duduk, namun pada periode Muromachi penggunaannya mulai ditata dengan lebih rapih, tikar tradisional ini mencapai puncak kepopulerannya pada jaman Edo.

Terdiri dari 3 Bagian
Tatami
(cr. www14.plala.or.jp/)

Yang pertama ada Tatami Doko, adalah bagian dalam. Secara tradisional diisi dengan jerami padi.

Lalu Tatami Omote, adalah bagian permukaan dari. Anyaman yang ditenun halus, para pembuatnya biasanya menggunakan benang rami atau kapas sebagai benang tenun.

Yang terakhir adalah Tatami Fuchi yang merupakan bagian tepi dari yang berfungsi untuk menyembunyikan ujung tenunan agar terlihat rapi.



2 Cara Untuk Peletakan
Tatami
(cr. ja.wikipedia.org)

Yang pertama disebut Syugi Shiki yaitu cara yang paling sering digunakan, penempatan dirancang sedemikian rupa sehingga keempat sudut tikar ini tidak berkumpul satu sama lain.

Yang kedua disebut Fushyugi Shiki, biasanya digunakan pada saat upacara-upacara yang dinilai memiliki nilai yang tidak baik seperti upacara kematian seorang.

Digunakan dalam Judo
Tatami
Arena Pertandingan Judo (cr. Youtube.com)

Ada juga jenis yang digunakan dalam olah raga bela diri khas Jepang yaitu Judo. Biasa disebut dengan Judo Tatami, berbeda dengan versi yang normal, pada versi ini tekstur yang dimiliki adalah kasar untuk permukaannya, sehingga tidak menimbulkan debu atau cepat rusak.

Cara Membersihkan
Tatami
Pembersih Tatami (cr. http://oki-ok.blogspot.com)

Ternyata membersihkannya tidak terlalu sulit, kalian bisa menggunakan penyedot debu, pel lantai biasa atau hanya menggunakan selembar kain dan dilakukan layaknya membersihkan lantai biasa. Namun jangan simpan tikar-tikar ini di tempat yang lembab, karena tikar tradisional Jepang ini akan cepat berjamur.

Tidak Boleh Memakai Sepatu Diatasnya
Tatami
(cr. Pinterest.com)

Terkadang jika kita menggunakan alas kaki diatas tikar ini juga pasti akan terasa aneh dan tidak nyaman. Imbauan ini bertujuan agar tidak merusak anyaman dari tatami tersebut.

Tata Cara Duduk Diatas Tatami
Tatami
Posisi Duduk Seiza (cr. allabout-japan.com)

Normalnya kalian bisa duduk dengan cara bersila diatasnya, namun pada pertemuan formal cara duduk yang digunakan adalah dengan cara melipat kedua betis dan duduk diatasnya, posisi ini biasa disebut dengan Seiza.

Featured Image by : live-less-ordinary.com

Sources :


What's Your Reaction?

LOL LOL
77
LOL
Sugoi! Sugoi!
120
Sugoi!
Honto Ni? Honto Ni?
114
Honto Ni?
Kanashii Ne Kanashii Ne
127
Kanashii Ne
Nani Kore?! Nani Kore?!
12
Nani Kore?!
Daisuki! Daisuki!
30
Daisuki!
Kowai Kowai
39
Kowai
Kawaii~ Kawaii~
101
Kawaii~
Harry Pasha

Not a writer nor journalist.

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes